Pesawat Pembawa Buku dan Peralatan Sekolah itu Jatuh di Danau Sentani

Tim Editor

Pesawat milik Mission Aviation Fellowship jatuh di danau Sentani. (Twitter @maf_us)

Jakarta, era.id - Pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang diterbangkan Joyce Chaisin Lin (40) jatuh di Danau Sentani, Selasa pagi (12/5/2020). Sebelum pesawat yang ditumpangi pilot berkebangsaan Amerika Serikat itu lepas kendali, warga sempat mendengar suara ledakan dari pesawat.

Pesawat itu lepas landas menuju Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara dari Bandara Sentani, Jayapura. Hanya sekitar dua menit pesawat jenis Kodial 100-PK-MEC di udara sebelum hilang kontak dengan menara pengawas penerbangan sekitar pukul 06.29 WIT.

Kepala kampung Yoboi, Sefanya Wally mengatakan, sebelum pesawat itu jatuh masyarakat Kampung Yoboi sempat menyaksikan pesawat naas tersebut meledak di udara. Sesaat kemudian jatuh dan kembali meledak di atas permukaan air hingga akhirnya tenggelam.

Lokasi jatuhnya pesawat itu tepat berada di danau Sentani, di antara Kampung Yoboi dan Putali. Jenazah sang pilot, Joyce Lin ditemukan di dalam pesawat di dasar danau, di kedalaman 13 meter.

Lanjut Sefaanya, setelah kejadian itu tiga roda pesawat dan sejumlah barang yang diduga ikut dibawa pesawat naas itu mengapung di atas permukaan air.
 

"Kalau kita lihat dari keterangan pada pesawat ini, pesawat ini bermuatan kapasitas 10 orang. Satu pilot, satu co-pilot dan delapan penumpang," ungkapnya saat ditemui di lokasi kejadian, seperti dikutip Antara, Selasa (12/5/2020).

Warga yang datang dengan speedboat juga menemukan beberapa puing serpihan sayap, spons tempat duduk, kartu panduan keselamatan penerbangan dan lainnya. Sedangkan badan Pesawat tak tampak. Diperkirakan pesawat tenggelam ke dasar danau.

Belum diketahui pasti penyebab pesawat naas itu jatuh. Selain itu jumlah penumpang yang ikut dalam penerbangan itu juga belum diketahui. 
 


Membawa buku-buku dan peralatan sekolah

Yang tak kalah menyakitkan dari jatuhnya pesawat dengan registrasi PK-MEC adalah pesawat itu diketahui mengangkut buku dan peralatan sekolah dari Jayapura ke Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara.

Bupati Tolikara Usman Wanimbo mengatakan, kemungkinan besar pesawat MAF ini membawa buku-buku dan peralatan sekolah milik Yayasan Papua Harapan di Mamit.

Hal yang sama dikatakan oleh Presiden GIDI. "Pesawat itu bawa alat-alat sekolah dan buku sekolah ke Mamit," kata Pendeta Dorman Wandikbo, Presiden GIDI saat dihubungi Jubi.

Sang pilot, Joyce Lin merupakan seorang pilot dan spesialis IT. Sebagai pilot, Joyce terbang untuk membantu mengubah kehidupan orang-orang yang terisolasi dengan menyediakan penerbangan evakuasi medis untuk menyelamatkan jiwa manusia, demikian dikutip dari laman maf.org.


Joyce Lin. (Foto: maf.org)

Joyce membawa pasokan untuk pengembangan masyarakat, dan mengangkut misionaris, guru, dan pekerja bantuan kemanusiaan ke lokasi yang tidak dapat diakses. 

Sebagai seorang spesialis IT, Joyce mengatur dan memelihara jaringan komputer untuk memungkinkan para misionaris dan pekerja kemanusiaan untuk menghubungi pendukung mereka dan mengakses sumber daya di internet.

Joyce dibesarkan di Colorado dan Maryland. Sejak usia muda ia melakukan pelayanan gereja injili lokal non-denominasi. Pada usia delapan tahun Joyce menunjukan ketertarikannya pada segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer, terutama pemrograman komputer.

Ketertarikannya dalam penerbangan juga berkembang pada usia dini karena seorang tetangga pilot yang membawanya ke pertunjukan udara lokal. Dia mengambil jurusan ilmu komputer di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan menerima gelar Sarjana Sains dan Magister Teknik dari MIT. Karena minatnya dalam penerbangan, ia juga memperoleh sertifikat pilot pribadi saat masih kuliah.

Setelah lulus, Joyce bekerja selama lebih dari satu dekade sebagai spesialis komputer hingga berposisi sebagai Direktur Teknis di perusahaan komersial. Selama waktu itu Joyce merasa terpanggil untuk menghadiri seminari dan mendaftar di Seminari Teologi Gordon-Conwell, akhirnya lulus dengan gelar Master of Divinity. 

Saat di seminari, Joyce menemukan ada penerbangan misi. Ia terkejut menemukan sebenarnya ada pekerjaan yang menggabungkan minatnya dalam komputer, penerbangan, dan pelayanan Kristen.


Bangkai pesawat milik maskapai MAF jenis Kodial 100-PK-MEC yang jatuh di Danau Sentani. (Penrem 172)

Kini, jenazah pilot dengan nomor paspor 483551781, alamat Kompleks MAF jalan AMA Sentani RT06/RW03 Kel Sentani Kota, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura berada di RS Bhayangkara, Kota Jayapura.

"Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan medis. Sementara itu untuk badan pesawat telah berhasil dievakuasi dari dasar danau," kata Kamal.

Tag: pegawai kemenkeu jadi korban pesawat jatuh

Bagikan: