Masjid Istiqlal Tak Ada Salat Idulfitri, Tapi Gelar Takbiran Virtual

| 23 May 2020 14:00
Masjid Istiqlal Tak Ada Salat Idulfitri, Tapi Gelar Takbiran Virtual
Aktivitas salat di Masjid Istiqlal (Foto: Angga/era.id)
Jakarta, era.id - Masjid Istiqlal menegaskan tidak akan menggelar salat Idulfitri pada hari Minggu (24/5) besok dan takbir akbar malam nanti. Tapi Masjid Istiqlal tetap akan mengumandangkan takbir secara virtual.

"Salat Idulfitri tidak ada, takbir akbar ada tapi virtual," ujar Kepala Protokol Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi, Sabtu (23/5/2020).

Abu Hurairah mengatakan, masyarakat umat muslim bisa bersama-sama ikut mengumandangkan takbir di rumah sambil menonton takbir akbar secara virtual bersama Masjid Istiqlal. Takbir akbar ini dengan sangat mudah diakses melalui channel resmi YouTube Masjid Istiqlal dan siaran TVRI.

"Takbir akbar digelar setelah salat Isya, dan disiarkan secara langsung," kata Abu Hurairah.

Di Masjid Istiqlal, kata Abu Hurairah, takbir akbar akan dipandu oleh lima orang yang berperan sebagai imam dan muazin. Hal ini disebut sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Lantunan takbir akbar dari Masjid Istiqlal juga akan dimeriahkan oleh beberapa para pejabat negara termasuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang hadir dari jarak jauh melalui rekaman video. Namun, khusus untuk Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar, sambutan akan diberikan secara langsung dari dalam masjid.

"Iya ada sambutan mulai dari imam besar, Menag, beberapa gubernur, wapres dan presiden," tutupnya.

Rekomendasi