Jack Rico, Bocah 13 Tahun yang Punya 4 Gelar Associates Degrees

Tim Editor

Jack Rico (Foto New York Post via Sara Ancich Photography)

California, era.id - Di usai 13 tahun, seorang anak biasanya masih hobi bermain bersama teman sebayanya. Tapi Jack Rico beda. Di usia 13 tahun, dia resmi menyelesaikan studi hingga mendapat empat gelar Associate Degree.

Dikutip dari berbagai sumber, Associate Degree masuk kategori undergraduate. Semacam pendidikan lanjutan jika kita sudah selesai di bangku SMU. Kalau di Indonesia, Associates degree mirip-mirip D3. Di sini biasanya diajarkan kombinasi ilmu pengetahuan dan keahlian teknis dasar sebelum pelajar terjun ke dunia kerja atau kalau mau melanjutkan lagi ke pendidikan yang lebih tinggi.

Associates degree sangat umum di pendidikan Amerika dan Kanada, Hong Kong, Australia hingga Belanda. Program ini biasanya akan menghabiskan waktu dua tahun.

Dilansir dari New York Post, Rabu (27/5/2020), Jack Rico menjadi siswa termuda yang lulus dari Fullerton College California. Jack Rico memulai studinya di Fullerton College saat baru berusai 11 tahun dan menyelesaikan empat gelar associate hanya dalam dua tahun.

Prestasi akademik yang dicapai Jack Rico membuat dia mendapat beasiswa penuh dari Universitas Nevada. Dia bernafsu untuk bisa mendapatkan gelar sarjana sejarah, tapi masih menunggu waktu untuk memulai semua itu.

"Aku 13 tahun, jadi aku tidak ingin terburu-buru semuanya," kata Rico.

"Aku masih berusaha mencari tahu, tapi aku hanya ingin fokus belajar sekarang. Itulah yang saya suka lakukan," lanjut dia yang juga punya hobi bermain video gim.

Ilustrasi kelulusan (Foto by Vasily Koloda on Unsplash)

Kehebatan di bidang akademik Jack Rico jelas membuat sang Ibu, Ru Andrade bangga setinggi langit. Andrade bilang, orang tua mana yang tidak bahagia memiliki anak seperti Rico.

Rico kecil memang punya permintaan yang tak lazim bagi anak sepantarannya saat itu. Ketika ulang tahun yang ke-4, dia minta kado untuk bisa mengelilingi Gedung Putih. Mulai dari situ, Andrade sadar tak bisa lagi mengimbangi rasa ingin tahu Rico yang begitu besar terhadap sesuatu.

"Ketika dia berusia 11 tahun, saya tahu dia membutuhkan lebih banyak tantangan dan guru yang lebih baik daripada saya," kata Andrade dikutip dari People.

"Jack bukan jenius, dia hanya belajar sangat keras," tutup Andrade.

Di saat seumuran Rico sedang asyik bermain, dia malah berkutat pada studi (Photo by Allen Taylor on Unsplash)
 

Tag: era pendidikan

Bagikan: