New Normal di Jawa Barat Dimulai dari Pedesaan

| 28 May 2020 15:37
New Normal di Jawa Barat Dimulai dari Pedesaan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. Humas Jabar)
Bandung, era.id – Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang berencana menerapkan kehidupan normal baru (new normal). Di sisi lain, penularan virus korona masih terjadi, bahkan penularan sudah terjadi di lingkup terkecil masyarakat seperti desa atau kelurahan.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengakui manajemen mikro penanganan COVID-19 yang diterapkan Jabar tidak lagi fokus kepada level provinsi atau kota/kabupaten, tapi kini berbasis level kewilayahan terkecil yakni kecamatan maupun desa/kelurahan, terutama jelang penerapan tatanan normal baru.

“Fokuskan sekarang pada manajemen mikro, fokus kita sudah tidak lagi skala provinsi atau kota dan kabupaten. Fokus kita arahkan kepada desa atau kelurahan. Pelacakan kasus kita fokuskan pada desa dan kelurahan,” tutur Gubernur yang akrab disapa Emil ini, usai memimpin rapat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jabar, Kota Bandung, Rabu (27/5).

Emil menegaskan, saat ini Jabar siap melakukan proses adaptasi terhadap tatanan normal baru. Namun tatanan baru ini harus dibarengi pelacakan dan pengetesan, termasuk jemput bola dengan menggunakan ambulance atau fasilitas kesehatan lain yang dimiliki Jabar ke pusat-pusat keramaian dan kerumunan warga.

“Kewaspadaan normalitas baru kita akan (berupa) fokus kepada pengetesan. Saya sudah perintahkan tim pelacakan dan pengetesan (Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar) segera isi ambulans-ambulans itu dengan (kit) rapid test,” kata Emil.

“Jadi, nanti ambulans mendatangi keramaian warga, seperti acara kawinan kemudian di-sampling (tes), mendatangi yang lagi di peribadatan kemudian di-sampling, mendatangi acara sosial di-sampling,” ujarnya.

Diharapkan, pengetesan ini bisa menjamin tatanan normal baru yang sudah terukur sehingga masyarakat bisa beraktivitas atau menghadiri tempat umum meski obat atau vaksin COVID-19 belum ditemukan.

“Kita harus bisa melakukan adaptasi. Dan itulah skenario Jawa Barat, selalu ilmiah dalam mengambil keputusan bagaimana ini (tatanan normal baru) diadaptasi,” tutupnya.

 

Tags : new normal
Rekomendasi