Selain Bintang Emon, 4 Komedian Ini Juga Pernah Sindir Pemerintah

| 19 Jun 2020 16:25
Selain Bintang Emon, 4 Komedian Ini Juga Pernah Sindir Pemerintah
Pelawak yang kritik Pemerintah (Foto: Instagram/bintangemon)
Jakarta, era.id - Komika Bintang Emon menjadi sorotan setelah video kritiknya terhadap kasus tuntutan pelaku penyiraman air keras Novel Baswedan viral. Video itu ia buat dengan gaya nyeleneh namun menyentil.

Setelah video itu beredar luas, pemilik nama lengkap Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra itupun menjadi sasaran buzzer. Ia dituduh memakai narkoba.

Rupanya Bintang Emon bukan satu-satunya pelawak yang pernah memuat konten lawakan menyenggol pemerintah. Sebelum Bintang, pelawak senior lainnya juga pernah melakukan hal serupa. Siapa saja mereka? Berikut rangkuman Era.id.

1. Jojon

Kiprah Jojon di dunia lawak memang akan terus akan dikenang. Penonton selalu menunggu aksi lawakannya semasa hidupnya. Namun, Jojon sempat dipersoalkan rezim orde baru. Lawakannya dinilai menghina Presiden Soeharto yang saat itu masih berkuasa. Saat sedang di pentas, Jojon memberikan tebak-tebakan kepada pemain lawak lainnya.

"Kalau di uang Rp 500 itu gambar monyet, kalau di Rp 50 ribu itu bapaknya monyet," ungkap Jojon. Di zaman orde baru itulah Jojon sempat diisukan ditahan oleh pemerintahan Soeharto. 

2. Miing

Masyarakat pernah menilai lawakan dari Miing sebagai kritik personal terhadap Gus Dur yang memiliki kekurangan secara fisik. Dalam aksi panggungnya, pelawak Miing pernah memarodikan gaya Gus Dur dalam siaran live di televisi. Ia berakting bak orang buta lalu meletakkan gagang telepon secara salah.

 

3. Arie Kriting

Komedian Satriaddin Maharinga Djongki atau yang lebih dikenal dengan Arie Kriting buka suara terkait pengepungan asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya yang kemudian berbuntut aksi protes di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat.

Menurutnya, respons pemerintah lebih dibutuhkan ketimbang permintaan maaf kepada masyarakat Papua.

 

4. Aming

Aming mengkritik kebijakan pemerintah di tengah COVID-19 di Indonesia. Pemain film "Doa yang Mengancam" ini menyoroti langkah pemerintah yang menggunakan jasa influencer untuk datangkan turis dan rencana balapan formula E.

Ia juga menyinggung harga tiket pesawat di beberapa destinasi wisata yang justru diturunkan pada saat-saat seperti ini.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saudara2ku semua... Taqabballallaahu mina wa minkum shiya mana wa shiya makum taqobbal yaa kariim..mohon dimaafkan lahir batin????..walau terpisahkan oleh jarak, semoga silaturahmi ini senantiasa terjaga ???????? TETAP SEMANGAT???? dan JAGA KESEHATAN ya.. AmingSupriatnaSugandi Dan bersyukur banget sampe hari ini kita masih diberi kesehatan, buat teman-teman yang masih harus bekerja diluar rumah, tetap semangat dan stay save yah! Aku mau kasih info buat kalian yang pengen beli Product Savior, sekarang kalian juga bisa sekalian donasi, karena hasil dari penjualan story Covid-19 ini, 50% dari margin akan disalurkan untuk mendukung program pencegahan penyebaran dan perlindungan masyarakat dari Corona,Sekecil apapun bentuk donasi kita pasti sangat berharga bagi merekaa yang membutuhkan. Kalian bisa slide untuk melihat koleksinya #Saviorlawancorona bersama @savior.idn @savior.Commerce @saviorkalbar.idn @nick_harefa @Syaffrian @barepwijarnako #LEBARAN #dirumahaja

A post shared by Amink is Psychodiva (@amingisback) on

Rekomendasi