Daftar Pelanggaran Protokol Kesehatan yang Terjadi saat CFD Hari Ini

| 21 Jun 2020 19:30
Daftar Pelanggaran Protokol Kesehatan yang Terjadi saat CFD Hari Ini
CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc)
Jakarta, era.id - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto menyoroti masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan di tengah kegiatan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada masa PSBB transisi di DKI Jakarta, Minggu (21/6/2020).

Dalam keterangan resminya di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Achmad Yurianto menjabarkan daftar sejumlah pelanggaran yang terjadi saat CFD hari ini.

1. Physical distancing

“Hari ini kami melakukan pemantauan di beberapa tempat seperti pelaksanaan Car Free Day di Jakarta, masih kami lihat beberapa masyarakat lupa, bahwa physical distancing penting,  ini yang kami mohon untuk menjadi evaluasi kita bersama,” ujar Yuri di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

2. Tidak menggunakan masker

Yuri menambahan, sebagian masyarakat ada yang tidak menggunakan masker, meski lebih bayak yang sudah menggunakan masker.

“Kami masih lihat banyak masyarakat yang belum tertib. Mespikun sebagian besar pakai masker tetapi jaga jarak juga perlu untuk diperhatikan. karena tidak mungkin secara sepotong-potong melihat kasus ini,” kata dia.

3. Ada anak kecil

"Kami pahami bahwa anak dalam rapat Gugus Tugas Penangannan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta itu dikategirikan rentan terhadap penularan itu yang 9 tahun ke bawah. Di CFD hari ini masih terlihat ada anak-anak."

4. Ada lansia

Selain anak kecil, masyarakat kategori lain yang diimbau untuk memasuki area HBKB, yaitu ibu hamil dan lansia. Di CFD masih terihat ada lansia yang lari di sepanjang jalan Jenderal Sudirman - M.H. Thamrin. Hal itu akan menjadi evaluasi lagi bersama petugas di lapangan.

Terakhir, Yuri meminta bahwa pelaksanaan CFD di tengah pandemi COVID-19 agar menjadi evaluasi bersama. Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa physical distancing atau menjaga jarak adalah sesuatu yang mutlak harus dilaksanakan, termasuk protokol kesehatan yang lain seperti memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Rekomendasi