Alasan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Masih Larang CFD

Tim Editor

GIbran Rakabuming (Amalia Putri/ Era.id)

ERA.id - Rencana pembukaan Solo Car Free Day (CFD) diurungkan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Pasalnya saat ini Pemkot Solo tengah fokus untuk vaksinasi dan mempersiapkan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Hal ini disampaikan Gibran pada Rabu (24/3). Dirinya mengatakan saat ini masih mengkaji terlebih dahulu sebelum memutuskan pembukaan CFD. "Masih belum boleh," katanya.

Dia mengatakan salah satu pertimbangannya yakni saat ini kegiatan vaksinasi sudah diperbolehkan. Selain itu Pemkot Solo juga telah melonggarkan berbagai macam kegiatan, termasuk kegiatan hiburan dan perlombaan.

"Tapi kalau CFD tunggu dulu ya," katanya.

Sebagai informasi Pemkot Solo sempat berencana membuka kembali Solo Car Free Day dengan protokol kesehatan yang ketat. Event yang digelar tiap hari Minggu ini sudah absen selama satu tahun belakangan akibat pandemi COVID-19. Hanya kegiatan olahraga saja yang diperbolehkan terlaksana dalam event bebas asap kendaraan mingguan yang terpusat di Jalan Slamet Riyadi tersebut.

Rencananya CFD akan digelar hari Minggu pekan depan. Namun kegiatan ini diurungkan karena Pemkot Solo memiliki pertimbangan lain. Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Hari Prihatno membenarkan jika kegiatan ini diurungkan. Namun kegiatan CFD tetap masuk dalam daftar agar dilaksanakan segera.

"Masyarakat sudah antusias agar CFD dibuka kembali," katanya.

Untuk itu masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga Solo bisa segera masuk dalam zona hijau. "Kalau sudah zona hijau kemungkinan bisa dibuka lagi," katanya.

 

Tag: gibran rakabuming raka solo vaksinasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Solo Car Free Day

Bagikan: