Jadi Guru Rendang Gordon Ramsay, Chef William Wongso Kena Nyinyir Warganet

| 30 Jun 2020 12:04
Jadi Guru Rendang Gordon Ramsay, Chef William Wongso Kena Nyinyir Warganet
Gordon Ramsay dan William Wongso (Foto: Instagram/@natgeochannel)
Jakarta, era.id - Nama William Wongso sedang hangat diperbincangkan usai tampil di acara memasak bersama koki internasional, Gordon Ramsay. Nama William Wongso jadi trending topic Twitter dengan cuitan warganet yang menuai pro dan kontra.

Kini nama William Wongso masuk deretan trending topic Twitter pada Selasa (30/6/2020). Namun yang jadi trending topic bukanlah kepiawaian memasak William Wongso. Melainkan pro dan kontra soal William Wongso yang terpilih jadi guru pembuatan rendang.

Sebagian warganet menganggap jika acara ini harus dipilih oleh koki asli Minang, lantaran rendang berasal dari Sumatera Barat. Apalagi yang diajarkan ini untuk koki Internasional Gordon Ramsay.

Tentu ini sangat disayangkan sebagian warganet. Mereka mengaku jika sebenarnya yang membuat itu bukanlah William Wongso. Melainkan pakar rendang lokal yang diangkat dalam acara Nat Geo Channel.

Salah satu warganet Twitter yang menyayangkan kejadian ini. Baginya, mengapa tidak pakar kuliner asli dari Sumatera Barat saja yang membuat rendang. Ia juga mempertanyakan apakah William tahu asal-muasal rendang.

<blockquote class="twitter-tweet"><p lang="en" dir="ltr">Chef William Wongso is an Indonesian legend who has mastered over 200 varieties of Rendang. <a href="https://twitter.com/hashtag/Uncharted?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#Uncharted</a> <a href="https://t.co/Mpz7tJj8S7">pic.twitter.com/Mpz7tJj8S7</a></p>&mdash; Nat Geo Channel (@NatGeoChannel) <a href="https://twitter.com/NatGeoChannel/status/1276530658311942144?ref_src=twsrc%5Etfw">June 26, 2020</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

"Saya tidak tahu bahwa Master Rendang adalah William Wongso. Di mana koki Sumatera Barat asli yang benar-benar membuat rendang? Dari mana asal usul rendang? Dimana mereka? Tidak ada lagi koki dari minang? Apa yang terjadi?," ujar @MPribumi.

Meski begitu, banyak warganet yang membela William dan merespon positif. 

"Chef @GordonRamsay terima kasih telah berkunjung ke Indonesia. Sekarang kita bisa menyelesaikan perdebatan lama tentang asal usul rendang. Saat kamu turun tangan dan mau kotor dengan kerbau (dua kali) adalah bagian terbaik. Dan ya, koki William Wongso adalah jembatan yang tepat untuk masakan kita," ujar @lyndaibrahim

"Beberapa temanku orang Minang nyinyir kenapa yang masak rendang harus William Wongso, kenapa bukan chef asli Minang? Jika saya orang Minang, saya akan sangat bangga jika William Wongso sang legenda memasak hidangan apa pun dari warisan Tanah Air," ungkap @noturalphagirl

Diketahui, dokumentasi ini ditayangkan di National Geographic pada episode Sumatera Indonesia. Acara ini ditayangkan pada Senin, 29 Juni 2020. Kala itu, William Wongso menantang Gordon Ramsay menguasai pembuatan rendang dalam sepekan.

Tantangan ini diabadikan dalam serial Gordon Ramsay: Uncharted. Sebelum tantangan dimulai, William mengajarkan terlebih dahulu pembuatan rendang kepada chef Gordon Ramsay. Saat tantangan dimulai, keduanya akan beradu membuat rendang untuk disajikan kepada Gubernur Sumatera Barat. 

Rekomendasi