Ketemu Ketua MPR, Jessica Iskandar Dites Hapalan Pancasila

| 05 Jul 2020 11:17
Ketemu Ketua MPR, Jessica Iskandar Dites Hapalan Pancasila
Jedar dan Bamsoet (youtube/ Bamsoet Channel)
Jakarta, era.id - Artis Jessica Iskandar (Jedar) mampir menjadi penanya Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Dalam akun youtube Bamsoet Channel, video berjudul "Jedar Mau Jadi Duta MPR, Emang Bisa? Jessica Iskandar Sambangi Bambang Soesatyo", Bamsoet mengetes daya ingat Jedar terhadap sila dalam Pancasila.

"Saya mau tanya nih, ke kamu, Jedar ya panggilannya, hapal Pancasila ngga?" tanya Bamsoet yang langsung disanggupi menjawab oleh Jedar pada unggahan tersebut.

Jessica pun langsung menjawab sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Lalu, kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila ketiga, persatuan Indonesia.

"Empat, keadilan sosial," belum rampung Jedar menjawab karena salah, Bamsoet pun mengoreksinya.

"Kerakyatan," kata Bamsoet.

Jessica pun kembali meneruskan jawabannya pada sila ke empat yang masih juga salah. "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat permusyawaratan," kata Jedar.

Dari video tersebut, terdengar suara seorang perempuan memandu Jedar mengucapkan sila ke empat bersama Bamsoet. Jedar pun mengikuti perkataan mereka.

"Oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyaratan perwakilan. Lima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Jedar dan Bamsoet bersamaan.

Jedar mengakui agak 'belibet' saat mengucapkan sila ke empat Pancasila. Bamsoet merespon, setidaknya Jedar memahami Pancasila. Sebab yang terpenting bagaimana mengimpelemtasikan sila-sila tersebut. Bamsoet pun menjelaskan satu persatu makna Pancasila.

 

Tags : pancasila
Rekomendasi