PDIP Copot Rieke Diah Pitaloka dari Baleg, Apa Alasannya?

| 09 Jul 2020 10:54
PDIP Copot Rieke Diah Pitaloka dari Baleg, Apa Alasannya?
Rieke Diah Pitaloka (Antara)
Jakarta, era.id - Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) melakukan pergantian pimpinan Badan Legislasi (Baleg) DPR pada hari Kamis (9/7). Fraksi PDIP mencopot Rieke Diah Pitaloka dari posisi Wakil Ketua Baleg DPR, dan menggantinya dengan Anggota Komisi III DPR, M Nurdin.

Kabar tersebut dibenarkan anggota Baleg DPR Fraksi PDIP Hendran Supratikno. Dia mengaku sudah mendapat kabar serupa.

"Saya dengar hal yang sama," ucap Hendrawan saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (8/7/2020).

Adapun M Nurdin yang akan menggantikan posisi Rieke di kursi pimpinan Baleg DPR merupakan purnawirawan Jenderal Polri yang maju sebagai legislator dari daerah pemilihan Jawa Barat.

Namun ketika ditanya apa alasan fraksi mencopot Rieke dari Baleg DPR, Hendrawan tak mau menyebutkannya. Sebab hal tersebut merupakan kewenangan pimpinan fraksi untuk menyampaikan alasannya.

"Alasannya tanya kepada pimpinan fraksi saja," kata Hendrawan.

Baca juga: Wakil Rakyat Bakal Bikin 50 Undang-Undang per Tahun

Namun saat menghubungi Pimpinan Fraksi PDIP Bambang Wuryanto maupun Rieke, era.id tak kunjung mendapatkan respons.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pergantian Rieke sebenarnya sudah dilakukan sejak seminggu lalu. Belum ada keterangan resmi dari Fraksi PDIP soal posisi yang akan diberikan pada Rieke selanjutnya.

Untuk diketahui, Rieke merupakan ketua Panitia Kerja (Panja) sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) yang dikerjakan Baleg DPR RI. Salah satu RUU yang ditangani adalah RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Belakangan RUU HIP mendapat banyak penolakan dari publik karena dianggap hendak merombak ideologi Pancasila. Selain itu, RUU HIP juga disebut disusupi paham komunisme. Akibatnya, pembahasan RUU HIP saat ini terhenti.

Tags : ketua dpr
Rekomendasi