Nasib Gibran dan Bobby Dalam Pilkada Diputuskan Pekan Depan

Tim Editor

Gibran Rakabuming (Gabriella Thesa/ era.id)

Jakarta, era.id - DPP PDI Perjuangan akan segera mengumumkan bakal calon kepala daerah yang bertarung di Pilkada 2020, termasuk rekomendasi untuk Gibran Rakabuming Raka serta Bobby Nasution di Pilkada Solo dan Medan. Rencananya, rekomendasi tersebut akan diumumkan pada 11 sampai 18 Juli 2020.

"Saya pastikan dari tanggal 11 sampai dengan tanggal 18 juli ini akan diumumkan," ujar Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Bambang mengatakan, pada pengumuman pekan depan salah satu yang akan diumumkan adalah nasib Gibran dan Bobby Nasution. Namun, dia tak mau mengatakan apakah PDIP sudah memutuskan mengusung Gibran maupun Bobby.

"Thats right, pasti. Jadi nanti kita umumkan dikau tak kabari," ujarnya.

Bambang menjelaskan, dalam menentukan calon di berbagai daerah, PDIP membagi menjadi beberapa klaster dalam menentukan calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada 2020. Klaster pertama, wilayah dimana PDIP memperoleh suara di atas 20 persen pada Pemilu 2019 yang memungkinkan PDIP untuk mengusung calon sendiri.

Klaster kedua, untuk daerah yang perolehan suara Pemilu antara 10 hingga 20 persen. Di klaster ini, partainya harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon.

Sementara klaster terakhir, kata Bambang, merupakan daerah yang perolehan suara pemilu PDIP di bawah 10 persen dan hanya memungkinkan untuk menjadi partai pendukung.

Bambang menjelaskan, sudah ada keputusan terhadap 162 dari 270 daerah yang bertarung di Pilkada. Dari 162 itu belum ada keputusan untuk pemilihan gubernur, sehingga untuk pengumumkan gubernur akan dilakukan belakangan.

"(Calon) gubernur ini masih banyak lobi-lobi yang harus selesaikan, kalau gubernur PDIP agak belakangan," pungkasnya.

Tag: pilkada 2018

Bagikan: