Akun Twitter Bill Gates dan Obama Ikut Diretas dalam Penipuan Bitcoin

| 16 Jul 2020 10:00
Akun Twitter Bill Gates dan Obama Ikut Diretas dalam Penipuan Bitcoin
Halaman muka situs microblogging Twitter (PxHere)
ERA.id - Akun Twitter sejumlah bos perusahaan teknologi, politisi, dan selebritis diretas dalam sebuah skema penipuan yang melibatkan teknologi keuangan siber Bitcoin.

Figur publik yang akun Twitter-nya diretas mencakup mantan Presiden AS Barack Obama, kandidat presiden utama Partai Demokrat Joe Biden, pengusaha Mike Bloomberg, dan beberapa milyuner di bidang teknologi seperti CEO Amazon Jeff Bezos, pendiri Microsoft Bill Gates, dan bos Tesla Elon Musk. Kanye West dan istrinya, Kim Kardashian West, mewakili kelompok selebritis yang akunnya turut diretas.

Akun mereka memposting tweet yang menawarkan uang 2.000 dolar untuk setiap 1.000 dolar yang dikirimkan ke sebuah alamat Bitcoin, seperti dilaporkan Associated Press pagi ini.

Tidak jelas apakah pemilik akun Twitter masing-masing turut menjadi sasaran. Namun, twit palsu tersebut berusaha memancing para followers untuk mentransfer uang ke sebuah alamat Bitcoin.

Tim kampanye Joe Biden mengatakan bahwa tim Twitter mereka langsung "mengunci akun beberapa menit setelah terjadinya peretasan dan menghapus twit tersebut." Sementara itu, belum ada pernyataan resmi dari pengelola akun Twitter mantan Presiden Obama.

 

Dalam sebuah twit, Twitter mengatakan pihaknya sadar telah terjadi "insiden keamanan yang mengenai beberapa akun Twitter." Investigasi terkait sedang dijalankan perusahaan asal San Fransisco tersebut saat ini. Ketika coba dikonfirmasi oleh Associated Press, Twitter belum memberi jawaban selanjutnya.

Figur yang disasar penipuan Bitcoin ini merupakan orang-orang terkaya di dunia. Kekayaan Bezos, Gates, dan Musk mencapai $362 milyar, atau setara 5.203 trilyun rupiah, bila digabungkan.

Rekomendasi