Istana: Tidak Ada Arahan Presiden Cegah Anies
Istana: Tidak Ada Arahan Presiden Cegah Anies

Istana: Tidak Ada Arahan Presiden Cegah Anies

By akuntono | 18 Feb 2018 18:54
Jakarta, era.id - Beredar video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tertahan saat ingin turun ke lapangan bersama Presiden Joko Widodo untuk penyerahan piala juara kepada Persija Jakarta dalam kompetisi Piala Presiden 2018. 

Menanggapi itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia. 

"Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Joko Widodo," ujarnya dilansir era.id dari laman setneg.go.id, Minggu (18/2/2018).

Dia menambahkan, tidak ada arahan apapun dari Presiden untuk mencegah Anies. Mengingat acara ini bukan acara kenegaraan, panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.

Selama pertandingan, Presiden Jokowi dan Gubernur Anies sangat menikmati jalannya pertandingan final. Keduanya menonton dengan rileks, sangat informal, serta akrab. Presiden menyampaikan selamat dan menyalami Anies saat Persija mencetak gol.

Karena bukan acara resmi, Presiden juga masih perlu menunggu selama 15 menit di lapangan hingga selesainya pemberian penghargaan lain sebelum menyerahkan Piala Presiden kepada Persija. 

Video Anies ditahan Paspampres itu tersebar di media sosial dan aplikasi pesan seperti Whatsapp pada Minggu (18/2/2018). Video berdurasi 14 detik itu merekam rombongan Presiden Jokowi sedang menuruni tangga. Kemudian, Anies berada di belakangnya.

Namun, dia tidak bisa ikut turun karena ditahan oleh salah seorang berjaket hitam yang diduga Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Anies pun memilih kembali ke kursinya.

Untuk masalah ini, Anies belum berkomentar. Namun, lewat akun Instagramnya, @aniesbaswedan, dia memberikan selamat langsung kepada beberapa pemain Persija di lapangan. Dalam akun Instagramnya juga, dia berujar, kemenangan ini bisa memberikan kebanggaan dan kebahagian untuk warga Ibu Kota.

"Selamat kepada Macan Kemayoran @persijajkt atas kemenangan luar biasa malam ini sebagai puncak perjuangan keras sepanjang kompetisi. Kemenangan yang diraih memberikan kebanggaan dan kebahagiaan besar kepada #Jakmania dan seluruh warga Ibukota," kata dia. 

Rekomendasi
Tutup