Salam Dua Jari Kini Milik Gerindra
Salam Dua Jari Kini Milik Gerindra

Salam Dua Jari Kini Milik Gerindra

By akuntono | 19 Feb 2018 10:54
Jakarta, era.id - Ada hal unik dari penetapan nomor urut partai peserta pemilu semalam. Usai dapatkan nomor urut dua, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto langsung mengacungkan kedua jarinya.

"Salam dua jari. Salam dua jari," teriak kader Gerindra di Ruang Sidang Utama KPU, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2018).

Salam dua jari adalah slogan yang digunakan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014. Lebih menarik, karena pada 2014 yang menjadi lawan Jokowi-JK adalah Prabowo-Hatta Rajasa dengan nomor 1.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, mengatakan slogan salam dua jari yang digunakan Gerindra bisa saja memengaruhi para pemilih. Selama ini, salam dua jari sudah melekat pada pemilih Jokowi-JK tapi masih mungkin mengalihkan suaranya untuk figur lain pada pilpres tahun depan.

"Ya bagus (gunakan slogan salam dua jari). Dia (Prabowo) mau ambil pemilih Jokowi," ungkap Hendri, kepada era.id, Senin (19/2/2018).

Pada Sabtu (17/2), KPU menetapkan 14 partai peserta Pemilu 2019. Ada dua partai yang tidak lolos karena tidak memenuhi syarat kepengurusan di daerah, yakni PBB dan PKPI. Kedua partai itu berencana menggugat KPU.

Adapun 14 partai yang lolos mengikuti undian nomor urut di Gedung KPU pada Minggu (18/2). Hasil undian, nomor 1 jadi milik PKB, dan nomor buncit jadi milik Partai Demokrat. Simak nomor urut partai politik dalam grafis era.id;

 

Rekomendasi
Tutup