PDIP : Nomor 3 Metal, Penuh Pesan Kerakyatan
PDIP : Nomor 3 Metal, Penuh Pesan Kerakyatan

PDIP : Nomor 3 Metal, Penuh Pesan Kerakyatan

By bagus santosa | 19 Feb 2018 12:37
Jakarta, era.id - PDI Perjuangan bersyukur mendapat nomor urut tiga dalam susunan partai peserta Pemilu 2019. Angka ini merupakan angka yang filosofis dalam perspektif ideologi.

Sebelum berangkat ke Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti Rakerdasus, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat menyampaikan, dalam perspektif ideologi, angka tiga melambangkan tekad perjuangan bangsa yang berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Ini juga yang dimaksud dengan trisakti sebagai tujuan Nawacita Presiden Jokowi.

"Ibu Megawati mengingatkan bahwa angka tiga tidak hanya simbolisasi salam metal. Angka tiga membawa membawa spirit perjuangan kepartaian yang bergerak ke bawah, berada di tengah rakyat, dan pada saat bersamaan partai menyadari bahwa rakyatlah jiwa dan energi kepartaian kita," ungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dari pernyataan yang diterima era.id, Senin (19/2/2018).

Angka tiga, menurutnya adalah salam metal, yang artinya 'Merah Total'. 'Merah Total' itu adalah salam yang digelorakan oleh anak-anak muda pada pemilu 1987 dimana para pemuda bergerak mendukung PDI melawan rezim otoriter yang membungkam demokrasi. 

Hal yang sama juga terjadi saat Joko Widodo dicalonkan sebagai Gubernur DKI, saat itu jagoan PDIP mendapat nomor tiga.

"Dengan nomor tiga yang penuh perjuangan rakyat, maka seluruh anggota dan kader partai diminta terus melakukan konsolidasi, memperbaiki hal-hal yang kurang, dan yerus bergotong royong turun ke bawah bersama rakyat," kata Hasto.

Hasto juga menilai, semangat itulah yang nantinya akan menjadi inti dari angka tiga untuk mencapai terwujudnya trisakti dan rakyat merupakan irama serta langkah perjuangan berakhir.

"Semangat kerakyatan itulah yang menjadi intisari angka tiga untuk terwujudnya Trisakti," tambahnya.

Rekomendasi
Tutup