Semua Proyek Tol Layang Dihentikan Dulu
Semua Proyek Tol Layang Dihentikan Dulu

Semua Proyek Tol Layang Dihentikan Dulu

By Ahmad Sahroji | 20 Feb 2018 12:47
Jakarta, era.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan moraturium atau penghentian sementara proyek tol layang yang sedang berlangsung. Langkah itu diambil melihatnya maraknya insiden kecelakaan konstruksi pada proyek jalan tol belakangan ini.

"Perintah pertama adalah moratorium semua pekerjaan. Semua pekerjaan yang elevated akan kita hentikan semuanya sampai masing-masing kontraktor pelaksana dan pemilik pekerjaan mengajukan lagi metode kerjanya," ujar Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto, Selasa (20/2/2018).

Diketahui, konstruksi tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), di depan Kampus IBN, Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur, roboh pagi tadi. Tujuh pekerja terluka dan harus dibawa ke rumah sakit akibat tertimpa material. Informasi dari Polsek Jatinegara dan BPBD DKI Jakarta, konstruksi tersebut jatuh sekitar pukul 03.00 WIB. 

Kementerian PUPR belum menyebutkan apa penyebab gagalnya pengecoran Tol Becakayu PCB 34 Seksi 1A. Untuk itu, Kementerian PUPR berencana akan memanggi Dirut Waskita, M. Choliq dan memeriksa kelengkapan dokumen proyek.

Situasi pagi tadi di lokasi kecelakaan pembangunan infrastruktur. (Jafriyal/era.id)

"Formwork-nya belum kita evaluasi lagi. Sepintas formwork-nya mengalami kegagalan di sana, sehingga sistem runtuh secara keseluruhan. Selain itu kita evaluasi juga metode," lanjutnya.

Saat ini polisi sudah memeriksa PT Waskita untuk menemukan penyebab kecelakaan. Dugaan sementara baut di breket tember ini kurang kuat. Ada 6 orang saksi yang sudah diperiksa polisi.

Kecelakaan kerja dalam proyek infrastruktur transportasi yang jadi sorotan di antaranya robohnya tiang proyek LRT Jakarta dan menimpa dua rumah warga di Kelapa Gading, Oktober 2017; jatuhnya pembatas beton proyek mass rapid transit (MRT) di Jalan Wijaya II, Jakarta Selatan, November 2017; robohnya beton girder proyek LRT Pulo Gadung, Jakarta Timur, Januari 2018; dan ambruknya launching girder proyek jalur kereta dwi ganda di Jatinegara, Jakarta Timur, awal Februari lalu.

Rekomendasi
Tutup