Jalur Utara KA Cirebon-Purwokerto Tertutup Banjir

| 23 Feb 2018 12:06
Jalur Utara KA Cirebon-Purwokerto Tertutup Banjir
Perjalanan kereta di Stasiun Pekalongan terhambat banjir (Sumber: @TMCPoldaMetro)

Cirebon, era.id - Jalur kereta dari Cirebon ke Purwokerto, tepatnya di antara Stasiun Ciledug-Ketanggungan tak dapat dilalui lantaran tertutup banjir luapan Sungai Cisanggarung.

"Rel keretanya tertutup banjir, akibat luapan Sungai Cisanggarung dan kereta tidak bisa lewat," kata Manajer Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro, seperti dikutip Antara, di Cirebon, Jumat (23/2/2018).

Laporan terkait banjir, dikatakan Kris didapat dari warga yang mulai mendeteksi luapan air pada Jumat dini hari. "Kita memperoleh informasi dari warga sekitar jam 00.30 WIB," ujar Kris.

Menurut Kris, sekitar pukul 00.44 WIB jalur itu masih bisa dilewati, namun kecepatan kereta saat mencapai titik banjir wajib dikurangi hingga 10 kilometer per jam untuk jalur hulu dan 20 kilometer pe jam untuk jalur hilir.

Kemudian, pukul 01.52 WIB, diterima informasi bahwa genangan air meluap mendekati ban atau batu balas kricak landasan jalur. Semboyan 3 pun diumumkan.

"Pada jam 02.00 WIB jalur hulu dipasang semboyan 3 atau jalur tidak aman dilewati. Sedangkan jalur hilir masih bisa dilewati dengan kecepatan 10 kilometer per jam. Kemudian pada jam 02.45 WIB kedua jalur KA dinyatakan tidak aman atau tidak bisa dilewati," tutur Kris.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah kereta mengalami keterlambatan kedatangan. Selain itu, kereta arah Cirebon-Purwokerto maupun sebaliknya dialihkan melalui jalur utara.

Tags : banjir
Rekomendasi