Menteri Puan Naik Motorboat dan Motor ke Asmat

Tim Editor

Menko Puan di Asmat (Istimewa)

Asmat, era.id – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengunjungi Agats, ibu kota Asmat, Papua, Kamis (22/2). Mengenakan setelan kemeja putih dan celana hitam, serta topi adat Papua di kepala, Puan dibonceng menggunakan sepeda motor menyusuri daerah ini.

Perjalanan Menteri Puan untuk sampai ke Agats terbilang panjang. Sebelum mendarat di Asmat, Puan bertolak dari Jakarta dan sempat singgah ke Denpasar. Perjalanan dilanjutkan dari Denpasar sampai ke Timika. Setelahnya, dari Timika perjalanan berlanjut ke Ewer, bandara terdekat dengan Agats, menggunakan pesawat kecil dan ditempuh selama kurang lebih 40 menit. Tiba di Ewer, perjalanan harus dilanjutkan menggunakan motorboat kecil selama 20 menit sampai ke Agats.


Menko Puan di Asmat dibonceng motor (istimewa)


Menko Puan naik motorboat menuju Asmat (istimewa)

Sesampainya di Agats, Puan dibonceng menggunakan sepeda motor untuk mengunjungi pompa air bersih, RSUD, PAUD, serta membagian PKH (Program Keluarga Harapan) dan KIP (Katu Indonesia Pintar) untuk kampung Agats.

Dalam kunjungannya, Puan tak sendiri. Ia didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Kunjungan para menteri ini bertujuan untuk monitoring keberlanjutan program penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk yang terjadi di Asmat. Mereka mengecek pelayanan kebutuhan dasar di Agats seperti rumah sakit, sekolah, PAUD, serta bansos PKH, KIP, dan Program Subsidi Beras (Rastra). Para menteri juga memastikan berjalannya program percepatan infrastruktur dasar kesehatan seperti air bersih (pompa air) dan sanitasi kesiapan Rumah Sakit.

Tag: asmat

Bagikan: