Enam Kecamatan Kabupaten Bandung Terendam Banjir
Enam Kecamatan Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Enam Kecamatan Kabupaten Bandung Terendam Banjir

By bagus santosa | 23 Feb 2018 14:38
Bandung, era.id - Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyatakan sebanyak enam kecamatan yaitu Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Majalaya, Paseh dan Rancaekek terdampak bencana banjir.

Banjir itu dipicu oleh curah hujan tinggi yang terjadi pada hampir sepekan terakhir di kawasan Bandung Raya (Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang). Tingginya curah hujan tersebut menyebabkan air Sungai Citarum melimpas ke luar jalur menuju jalan raya dan pemukiman. 

BPBD Kabupaten Bandung menyebutkan, daerah yang terdampak banjir sekarang ini terjadi bertambah. Berdasarkan data hari kemarin, Kamis, 22 Februari 2018, hanya tiga kecamatan yang terdampak banjir. Tiga kecamatan itu adalah Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

Menurut Kepala Seksi Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Bandung, Toni Suryana, tim telah dikerahkan ke lokasi melakukan evakuasi warga yang terjebak di bangunan tempat tinggalnya.

"BPBD menyiagakan Satgas sebanyak 20 personil di tambah dari relawan dan Tagana dari Dinsos," kata Toni Suryana, Bandung, Jumat, (23/2/2018).

Toni menambahkan, beberapa gedung milik pemerintah dan sarana tempat ibadah telah disiapkan sebagai pengganti tenda pengungsian warga yang dievakuasi. Perahu karet pun, tambah dia, sudah disiapkan di enam kecamatan terdampak banjir. 

Banjir di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, (23/2/2018) (Foto : Ketua B2C2 Edi Yusup)

Evakuasi warga yang hendak berakivitas dan terjebak di rumah tinggalnya, dilakukan pula oleh kelompok warga peduli sumber daya air sungai dan kebencanaan Barudak Baraya Cisangkuy Citarum (B2C2). Sebagian besar warga yang tempat tinggalnya terendam banjir, menghindar ke lantai 2 tempat tinggalnya. Sedangkan warga yang rumahnya tidak bertingkat, sebelumnya telah dibawa ke lokasi evakuasi.

Menurut Ketua B2C2 Edi Yusup data terakhir ketinggian air limpasan dari Sungai Citarum di pemukiman warga berkisar antara 180 sentimeter sampai dua meter. Edi Yusup menjelaskan ketinggian air itu berada di 10 Rukun Warga (RW) wilayah Keluarahan Andir dan lima RW di Kelurahan Baleendah. 

"Hujan yang dari kemarin, banjirnya sendiri muncul sejak pukul 19.00 WIB kemarin," ujar Edi Yusup.

Sementara itu BPBD Provinsi Jawa Barat menyebutkan bencana banjir menimpa Kabupaten Bandung, juga terjadi di Kab Cirebon, Tasikmalaya, Karawang, Bekasi, Kuningan dan Majalengka. (Arie Nugraha)

Banjir di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, (23/2/2018) (Foto : Ketua B2C2 Edi Yusup)

Tags : banjir
Rekomendasi
Tutup