PKB Belum Putuskan Dukung Jokowi
PKB Belum Putuskan Dukung Jokowi

PKB Belum Putuskan Dukung Jokowi

By Ahmad Sahroji | 23 Feb 2018 16:51
Jakarta, era.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan mandat pada Joko Widodo sebagai bakal calon presiden yang akan diusung PDIP di Pemilu 2019. Pemberian mandat disampaikan di tengah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP, di Sanur, Bali, Jumat (23/2/2018).

Beberapa partai pendukung pemerintah sudah mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi untuk Pilpres 2019 di antaranya Partai Nasdem, PPP, Partai Golkar dan Partai Hanura. Namun, hanya Partai Keadilan Bangsa (PKB) yang belum mendeklarasikan dukungan.

Wasekjen PKB Daniel Johan menegaskan, partainya emoh mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi dalam waktu dekat, meskipun PDIP dan partai-partai pendukung lainnya sudah menyatakan sikap. "Akhir Juni baru diputuskan," kata dia kepada era.id, di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Daniel mengungkapkan, saat ini partainya masih mengumpulkan suara dan meminta pendapat dari tokoh agama. "PKB masih terus menjaring suara masyarakat termasuk kiai dan para tokoh," tambah dia.

Keputusan PKB menentukan dukungan pada Juni mendatang karena partainya ingin lebih fokus menghadapi Pilkada 2018. "Fokus pilkada dulu," ujar dia.

Dari internal PKB, nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang kerap disapa Cak Imin didorong jadi pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. Bahkan Cak Imin terlihat mendampingi Jokowi dalam beberapa kegiatan, di antaranya saat peresmian kereta Bandara Soetta.

Namun, internal PDIP belum akan memutuskan figur cawapres untuk Jokowi. Pembahasannya akan dilakukan Megawati bersama pimpinan partai yang akan berkoalisi.

Rekomendasi
Tutup