PDIP Prioritaskan Parpol Pendukung Jokowi
PDIP Prioritaskan Parpol Pendukung Jokowi

PDIP Prioritaskan Parpol Pendukung Jokowi

By Ahmad Sahroji | 24 Feb 2018 17:31
Denpasar, era.id - Usai mendeklarasikan Joko Widodo sebagai bakal calon presiden, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kini mulai mematangkan koalisi dengan sejumlah partai politik. Kendati koalisi terbuka untuk semua parpol, PDIP tetap memprioritaskan parpol pendukung pemerintah saat ini. 

"Fokus kami adalah partai yang ada di dalam pemerintahan. Kemudian kami akan ajak dialog juga partai lain," kata Hasto, di Hotel Sanur Paradise, Sanur, Bali, Sabtu (24/2/2018).

PDIP saat ini juga membuka peluang koalisi dengan parpol baru seperti Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Selain itu, parpol lama seperti Partai Demokrat dan Partai Gerindra juga berkomunikasi dengan partai berlambang banteng tersebut.

"Keduanya (Demokrat dan Gerindra) dalam level komunikasi kami sudah lakukan DPP. Saya sering ketemu Pak Hinca (Sekjen Demokrat). Di parlemen kita lakukan dengan membangun semangat kerja sama di antara paprol. Setelah rakernas ini kami akan mengambil inisiatif untuk membangun dialog dengan parpol, termasuk Gerindra," jelas Hasto.

Dalam Rapat Kerja Nasional III PDIP, Megawati menggunakan hak prerogatifnya memberikan mandat capres pada Jokowi. Keputusan ini disambut riuh peserta rakernas di Hotel Grand Bali Beach, Sanur, Bali.

Rakernas bakal berlangsung hingga 25 Februari 2018 dan membahas strategi kemenangan Pileg 2018 serta Pemilu 2019.

Pendeklarasian Jokowi sebagai capres di Rakernas III PDIP. (Bagaskara/era.id)

 

Rekomendasi
Tutup