Memahami Prosedur Keselamatan Pengisian Avtur

Tim Editor

    Ilustrasi (Pixabay)

    Jakarta, era.id - Penerbangan pesawat Citilink Q6 165 tujuan Jakarta-Denpasar pada Minggu (25/2) 21.35 WIB terpaksa ditunda, setelah seorang penumpangnya, Iwan Limau kedapatan merokok saat hendak menaiki pesawat. Citilink beranggapan apa yang dilakukan Iwan membahayakan keselamatan para penumpang lain.

    Menurut kabar yang beredar, Iwan diketahui telah merokok sejak berada di boarding gate hingga tangga pesawat yang ia naiki, yang ketika itu sedang melakukan pengisian bahan bakar.

    Akibat aksi sembrononya, Iwan diusir keluar dari penerbangan. Dalam sebuah video viral, Iwan terlibat perdebatan dengan sejumlah petugas yang mengusirnya keluar dari pesawat.

    Transportasi penerbangan memang memiliki standar keselamatan yang super ketat. Berbeda dengan jenis transportasi lain, standar keselamatan dalam penerbangan begitu kompleks. Segala hal diatur sedemikian rupa guna memastikan keselamatan terjamin. Termasuk dalam pengisian bahan bakar.

    Berdasar edaran keselamatan Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor DSKU/001/EK/2005 yang diperoleh era.id, terdapat setidaknya lima acuan yang harus diikuti untuk memastikan terpenuhinya standar keselamatan dalam proses pengisian bahan bakar pesawat di darat.

    Pertama, bahwa setiap maskapai penerbangan wajib memiliki prosedur pengisian bahan bakar. Kedua, maskapai wajib mencegah terjadinya kontaminasi bahan bakar serta mencegah kebakaran, termasuk kebakaran yang diakibatkan elektrostatik dengan melakukan bonding dan grounding.

    Poin keempat yang sangat penting dipahami oleh penumpang adalah bahwa setiap maskapai wajib mengawasi serta menjaga penumpang saat pengisian bahan bakar dilakukan dengan mesin dalam keadaan hidup dengan penumpang yang berada di dalamnya. Terakhir, setiap maskapai wajib memberikan pelatihan kepada seluruh awak pesawat tentang seluruh prosedur pengisian bahan bakar.

    Semua hal di atas jadi penting untuk dipahami sama-sama, bahwa keselamatan bergantung pada kesadaran bersama. Jadi, mari terus perbanyak pengetahuan untuk perlahan menumbuhkan kesadaran berperilaku dengan baik.

    Tag: viral anak nonton porno

    Bagikan :