Jokowi Jawab soal Cawapres, Airlangga Tersenyum
Jokowi Jawab soal Cawapres, Airlangga Tersenyum

Jokowi Jawab soal Cawapres, Airlangga Tersenyum

By akuntono | 27 Feb 2018 11:04
Cikarang, era.id - Presiden Joko Widodo masih menggodok kriteria figur yang akan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampinginya pada Pemilu 2019. Menurut Jokowi, belum ada pengerucutan nama karena masih pembahasan awal yang dilakukan tim internal dan partai pendukungnya.

"Semuanya baru dalam proses pematangan, penggodokan mengenai kriteria, belum berbicara mengenai siapa, jadi ditunggu saja. Sabar," kata Jokowi, di kawasan industri Delta Silicon, Cikarang, Jawa Barat, seperti dikutip Antara, Selasa (27/2/2018).

Jokowi menyampaikan hal itu seusai meresmikan pabrik bahan baku obat dan produk biologi milik PT Kalbio Global Medika (KGM) yang merupakan anak usaha PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) di Cikarang.

Saat menanggapi pertanyaan mengenai cawapres, Jokowi sedang bersama Menteri Perindustrian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Dekat saya sekarang ada Pak Airlangga," kata Jokowi sambil tersenyum. Mendengar itu, Airlangga ikut tersenyum.

Hal lainnya, Jokowi juga belum menjawab jelas pertanyaan wartawan mengenai kemungkinan Wakil Presiden Jusuf Kalla menolak jika kembali diajukan sebagai pasangannya pada pilpres tahun depan.

"Dicoba ditanyakan ke Pak Jusuf Kalla," ungkapnya.

Pada 23 Februari lalu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan dukungannya pada Jokowi sebagai capres untuk Pemilu 2019, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP, di Denpasar, Bali.

Megawati lalu meminta semua kader dan simpatisan PDIP mengerahkan semua tenaga dan sumber daya untuk memenangkan Jokowi.

Saat ini sudah ada delapan parpol yang mendukung Jokowi maju sebagai capres pada pemilu 2019, yaitu PDI-P, Nasdem, Golkar, PPP, Hanura, Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Adapun Perindo, PSI, dan PKPI belum memiliki kursi di parlemen.

 

Rekomendasi
Tutup