Sebelum Dilelang, Koleksi JK dan Menteri Dipamerkan
Sebelum Dilelang, Koleksi JK dan Menteri Dipamerkan

Sebelum Dilelang, Koleksi JK dan Menteri Dipamerkan

By Aditya Fajar | 27 Feb 2018 12:51
Jakarta, era.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan lelang barang milik sejumlah pejabat negara. Berbagai barang dari kain songket, gitar, hingga tas dan sepatu para pejabat dipamerkan dalam lelang tersebut.

Dilihat era.id, sejumlah barang yang dilelang di antaranya milik Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, hingga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

"Total ada 55 barang pribadi yang dilelang mencakup lukisan, sepeda, alat golf, gitar, separu, kain batik nusantara, dan termasuk baju koleksi Menteri BUMN dan Menteri Keuangan," kata Kasubdib Bina Lelang II DJKN Kementerian Keuangan Erris Eka Sundari, di Galeri Nasional, Gambir, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Erris menjelaskan, barang-barang tersebut memiliki cerita tersendiri dari pemiliknya. Salah satunya koleksi pakaian milik Sri Mulyani yang dipakainya saat pertama kali dilantik oleh presiden sebagai Menteri Keuangan.

"Seperti koleksi bajunya Ibu Sri Mulyani yang dipakai di beberapa kesempatan seperti saat dirinya pertama kali dilantik jadi menteri keuangan. Jadi barang-barang yang dilelang ini memiliki sifat memorabilia, di mana menjadi kenangan bagi si pemiliknya," jelas Erris.

Menurut Erris, masyarakat dapat mengakses situs djkn.kemenkue.go.id untuk mengikuti proses penawaran lelang. Harga barang yang dilelang mulai dari Rp1 per barangnya, proses lelang akan dilakukan pada Rabu 28 Februari. 

“Untuk lelang kondensional penyetoran jaminan sudah bisa dimulai sejak pengumuman kita di lima hari yang lalu, kemudian bisa menyetor uang jaminan sesuai katalog yang ada kemudian kami tutup satu jam sebelum pelaksanaan lelang," pungkas Erris.

Rekomendasi
Tutup