Pedagang Akan Dilatih Menghadapi Kebakaran Pasar
Pedagang Akan Dilatih Menghadapi Kebakaran Pasar

Pedagang Akan Dilatih Menghadapi Kebakaran Pasar

By bagus santosa | 01 Mar 2018 11:31
Jakarta, era.id - BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan PD Pasar Jaya mengukuhkan pengurus dan anggota Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3). P2K3 ini dibentuk menjamin keselamatan kerja para pedagang pasar.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno beraharap, kelompok ini bisa menurunkan tren angka kecelakaan kerja, salah satunya kebakaran. Sebab, berdasarakan data yang dia punya, kebakaran sehari sekali terjadi di seluruh Indonesia.

"Kita ingin memberikan perlindungan kepada pekerja yang ada di lingkungan PD Pasar Jaya. Pasar ini ada idiom, ada kebakaran setiap hari di seluruh Indonesia. Dan kita tidak mau itu terjadi," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (1/3/2018).

Sandi melanjutkan, terdapat masing-masing anggota P2K3 di 153 Pasar Jaya di Jakarta. Anggota P2K3 di tiap lokasi akan mengoordinasikan pelatihan kepada pedagang Pasar Jaya yang totalnya berjumlah lebih dari 100.000.

Sandi menyebut, pelatihan yang akan diberikan kepada pedagang adalah antisipasi keselamatan saat terjadi korsleting listrik dan menyebabkan kebakaran.

"Menurut saya (pelatihannya) fire drill, pelatihan keselamatan kerja listrik supaya menghindari korsleting, menurunkan barang (saat kebakaran) juga, jangan sampai kecelakaan tulang maupun otot," tuturnya.

Selain itu, lanjut Sandi, pelatihan yang diberikan juga terkait kecelakaan-kecelakaan yang berkaitan dengan aktivitas pedagang di pasar setiap hari.

Rekomendasi
Tutup