Paus Sepanjang 25 Meter Terdampar di Situbondo

Tim Editor

    Ilustrasi (Pixabay)

    Situbondo, era.id - Seekor Paus sperma terdampar di pesisir pantai Desa Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (2/3/2018). Kejadian ini menyedot perhatian ratusan warga.

    Menurut Kapolsek Jangkar, Polres Situbondo, Iptu Pol Pramana, paus ini pertama kali ditemukan sekitar 500 meter dari bibir pantai oleh nelayan setempat saat pulang melaut pada Kamis (1/3/2018) malam.

    Karena sampai Jumat pagi paus tersebut masih terdampar, puluhan warga berusaha menyelamatkannya dengan cara mengarahkannya ke tengah laut.

    "Namun, usaha kami bersama warga sia-sia karena ukurannya sangat besar. Ditarik menggunakan perahu milik warga juga tidak mampu," kata Iptu Pol Pramana, seperti dikutip dari Antara.

    "Setelah mendapatkan laporan dari nelayan Desa Jangkar, kami bersama Satpol Air dan Kemanan Laut (Kamla) Jangkar langsung ke tengah (pantai). Paus ini panjangnya sekitar 25 meter dan tinggi delapan meter," lanjutnya

    Terdamparnya paus ini menyedot perhatian ratusan warga setempat yang ingin melihat lebih dekat menggunakan jasa perahu nelayan. Hingga saat ini, paus tersebut masih kesulitan bergerak dan warga akan menariknya ke tengah laut saat air pasang.

    Berdasarkan penelusuran era.id, sejak 2013 sudah 139 paus terdampar di perairan Indonesia. Jumlah ini, tersebar di berbagai lokasi perairan, mulai dari Bali, Bengkulu, Sulawesi, Maluku, hingga Yogyakarta.

    Tag: paus

    Bagikan :