Menengok Kecantikan Suku Badui
Menengok Kecantikan Suku Badui

Menengok Kecantikan Suku Badui

By Ahmad Sahroji | 03 Mar 2018 21:30
Jakarta, era.id - Kalau lagi berkunjung ke daerah Lebak, Banten, jangan lupa mampir ke Desa Kanekes. Ya, di sana ada komunitas adat Urang Kanekes (Orang Kanekes) atau yang lazim disebut Suku Badui.

Tidak seperti kampung Badui masa lalu yang konon tertutup untuk pengunjung. Kini Badui lebih terbuka dengan kehadiran orang di luar komunitas adat mereka. Bahkan muncul istilah Badui luar, untuk menyebut komunitas adat Badui yang sudah menerima hadirnya peradaban modern.

Tim era.id berkesempatan mengunjungi desa adat yang konon kental dengan nuansa magis ini. Perjalanan dari Jakarta sampai ke daerah tersebut memakan waktu sekitar empat jam.

Sebelum menjelajah ke desa adat Badui, kami terlebih dahulu sowan kepada Jaro (sebutan kepala desa) Kanekes, Saija. Jaro Saija menceritakan sepintas mengenai kearifan lokal masyarakat Badui, yang terus diwariskan dari generasi ke generasi.

Usai mendengar penuturan Jaro Saija, rasa penasaran kami makin tak terbendung. Kami memutuskan melanjutkan perjalanan melihat kehidupan Suku Badui sesungguhnya. 

Mau tau bagaimana serunya perjalanan tim era.id ke Baduy?

 

Rekomendasi
Tutup