Kemenhub Kerahkan 60 Bus Demi Ganjil-Genap Cikampek

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Bus Transjabodetabek. (Foto: perumppd.co.id)

Jakarta, era.id - Kementerian Perhubungan berencana menyediakan 60 armada bus Transjabodetabek Premium. Hal itu dilakukan guna mendukung aturan ganjil-genap yang diterapkan di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, sebelumnya 40 armada bus sudah dioperasikan. Pihaknya sengaja menambah jumlah armada bus guna menarik masyarakat agar beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik.

"Sekarang kita siapkan 40 bus dulu. Kenapa begitu? Karena harapan kita akan ada pergeseran sekitar 2.000 (orang), dari mobil pribadi ke angkutan umum, sehingga kita butuh bus tambahan, bus tambahan yaitu sekitar 60," kata Bambang di depan pintu gerbang Tol Bekasi Barat, Senin (5/3/2018).

Lebih lanjut, kata Bambang, bus tersebut tidak hanya berasal dari Perusahaan Umum Pengangkut Penumpang Djakarta (Perum PPD) melainkan juga melibatkan beberapa pihak.

"Campur, nanti ada dari Blue Bird, Transjakarta, bahkan Damri," ucapnya.


60 armada bus Transjabodetabek siap beroperasi. (Foto: perumppd.co.id)

Tarif yang dikenakan bagi penumpang Transjabodetabek Premium yakni Rp20.000 untuk satu kali perjalanan. Terdapat 5 titik pemberangkatan bus Transjabodetabek Premium di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, yakni Summarecon Bekasi, Taman Galaxy, Mega City Mall Bekasi, Bekasi Trade Center dan Grand Dhika City.

"Ini kan saya khusus bekasi dulu. Setelah itu apakah cukup dengan lajur bus aja atau ada kebijakan lain. Ini nanti akan kita evaluasi setelah itu bergerak ke titik yang lain," tutupnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan melakukan sosialisasi terkait aturan ganjil-genap yang akan diberlakukan tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur mulai tanggal 12 Maret 2018. 

Penerapan ganjil-genap nantinya akan berlaku dari pukul 06.00 WIB-09.00 WIB dan tidak berlaku di hari libur serta akhir pekan. Selain itu, di waktu yang bersamaaan bagi angkutan barang golongan III, IV, dan V juga tidak diperbolehkan melintas. 

Sistem ganjil-genap rencananya akan diberlakukan di empat gerbang tol yakni Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, dan Pondok Gede. Namun sistem tersebut terlebih dahulu diberlakukan percobaan di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur karena dinilai paling padat. Jika aturan tersebut menunjukkan perubahan yang signifikan, kemudian akan diberlakukan pada titik-titik lainnya.
 

Tag: transportasi ganjil-genap tol cikampek transjakarta

Bagikan: