Wacana Revisi UU Narkotika untuk Lindungi Anak

Tim Editor

Rapat DPR (Foto: Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Penyalahgunaan narkoba masih mengancam. Kini, sasarannya tak lagi hanya orang dewasa. Anak-anak pun kini jadi target pasar para bandar.

Badan Narkotika Nasional (BNN) mengidentifikasi 68 narkoba jenis baru sepanjang tahun 2017. Celakanya, sebagian besar narkoba diciptakan untuk menyasar kalangan anak.

Temuan itu membuat anggota Komisi III DPR, Sufmi Dasco Ahmad khawatir. Baginya, penyalahgunaan narkoba di kalangan anak adalah mimpi paling buruk.

Sufmi mengatakan, DPR tak tinggal diam. Komisinya, yang membidangi penegakan hukum berencana membentuk panitia kerja untuk menangani persoalan penyalahgunaan narkoba.

"Kita juga tak bisa menyalahkan penegak hukum semata-mata, kalaupun ada upaya-upaya itu dari kita itu, justru bagaimana kita bersama-sama aparat penegak hukum," tutur Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2018).

Selain itu, Komisi III akan mengubah peraturan terkait narkotika, mulai dari perkara menghukum hingga upaya mengantisipasi.

"Kalau revisinya itu sedang dibicarakan tapi yang pasti muatannya akan lebih bagaimana supaya masuknya narkoba, peredaran itu akan lebih berat hukuman dan kemudian antisipasinya," jelas Dasco.

Baca Juga : Anak-anak Jadi Sasaran Narkoba Jenis Baru

Terkait rencana BNN melakukan penyadapan untuk mengantisipasi peredaran narkoba, Dasco menilai perlu ada pengkajian lebih dalam. Namun, terkait wacana tembak mati bandar narkoba, Dasco menyatakan dukungan.

"Kalau memang terbukti di lapangan ada upaya-upaya penyelundupan, dan kemudian tertangkap tangan secara besar-besaran, saya setuju ditembak mati," tandasnya.

Setahun ke belakang ini, banyak selebritas yang tersangkut narkoba. Bukan tidak mungkin mereka memiliki penggemar yang dikhawatirkan ikut-ikutan gaya mereka. Tim era.id merangkum artis yang tersangkut narkoba itu. Simak infografisnya.


(Infografis/era.id)
 

Tag: narkoba

Bagikan: