Poros Ketiga, Ketum PAN: Tunggu Tanggal Mainnya
Poros Ketiga, Ketum PAN: Tunggu Tanggal Mainnya

Poros Ketiga, Ketum PAN: Tunggu Tanggal Mainnya

By Ahmad Sahroji | 09 Mar 2018 13:16

Jakarta, era.id - PAN, PKB, dan Partai Demokrat melakukan pertemuan di salah satu mal di Jakarta, kemarin. Pertemuan tersebut diduga terkait rencana pembentukan poros ketiga di Pemilu 2019.

Saat ditanya kapan poros tersebut diumumkan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meminta untuk menunggu waktu yang tepat.

“Tunggu tanggal mainnya," kata dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Zulkifli juga enggan mengungkapkan apakah dalam pertemuan tersebut membahas nama calon presiden dan calon wakil presiden dari poros ketiga. Namun, perjumpaan itu mengarah kepada nama calon yang akan diusung pada Pemilu 2019.

“Yah itu kan ketemu-ketemu itu menujunya ke sana,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan, Demokrat membuka peluang bikin poros baru pada Pemilu 2019. Menurut Agus, saat ini Demokrat masih membangun komunikasi dengan sejumlah pihak untuk memastikan terbentuknya koalisi tersebut.

"Sehingga itulah pendapat-pendapat yang tentunya harus kita koordinasikan, dan kita harus bekerja keras untuk koordinasikan pendapat-pendapat masyarakat yang inginkan poros-poros (baru)," tuturnya, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/3).

Agus menilai, dengan munculnya poros baru, akan membuat banyak pilihan bagi masyarakat saat memilih presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019.

"Masyarakat banyak pilihan dan juga nuansa demokratis, lebih menjadi demokratis kalau calonnya barang kali bisa tiga pasang dan lain sebagainya," ujar dia.

Isu kemunculan poros baru di Pilpres 2019 terus berembus. Hal itu untuk memunculkan capres alternatif selain Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Jika ketiga partai ini berkoalisi, mereka memiliki tiket mengusung calon sendiri, karena memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden yakni 20 persen.

Infografis (era.id)

Rekomendasi
Tutup