Pemberi Rokok Orang Utan Menyerahkan Diri

Tim Editor

    Ilustrasi (Pixabay)

    Bandung, era.id - Pengunjung yang memberi rokok ke orang utan di Kebun Binatang Bandung akhirnya menyerahkan diri ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018) kemarin.

    "Kemarin yang bersangkutan datang ke Polrestabes Bandung menyerahkan diri setelah dia datang ke Kebun Binatang (Bandung) sekitar pukul 10.00 WIB," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Maryoto dilansir Antara, Jumat (9/3/2018).

    Agung mengatakan, saat video tersebut beredar viral di media sosial, jajaran dari Satreskrim Polrestatabes Bandung langsung mencari identitas pelaku. Tiba-tiba, pelaku yang berinisial DJ (27) datang ke Polrestabes Bandung dan menyesali perbuatannya.

    "Dia menyerahkan diri dan meminta maaf," kata Agung.
     
    Video orang utan merokok viral di media sosial 

    Kini jajaran kepolisian masih melakukan pemeriksaan terhadap DJ yang juga telah dilaporkan oleh pihak Kebun Binatang Bandung. DJ terancam hukuman pidana selama tiga bulan karena dianggap telah melanggar Pasal 302 KUHP tentang penganiyaan terhadap satwa.

    "Masalah ini serius, karena dulu di Taman Safari Bogor juga pelakunya diproses," katanya.

    Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, meski proses hukum tetap berlanjut, namun DJ tidak akan ditahan.

    "Tapi untuk yang bersangkutan tidak akan ditahan," kata dia.

    Peristiwa ini diketahui dari viral video berdurasi satu menit yang memperlihatkan seekor orang utan tengah merokok di sebuah kebun binatang. Peristiwa tersebut diunggah melalui akun Facebook Marison Guciano, Selasa (5/3/2018).

    "Orang utan di Kebun Binatang Bandung ini diberi rokok oleh pengunjung yang bodoh. Pengunjung tidak tahu bagaimana cara menangani hewan, namun kurangnya pengawasan oleh pengelola kebun binatang juga persoalan, dan merupakan salah satu isu yang harus diatasi. Indonesia saat ini membutuhkan standar kesejahteraan hewan di kebun binatangnya," tulis Marison dalam Facebook-nya.

    Video tersebut awalnya memperlihatkan aktivitas pengunjung di sekitar kandang orang utan. Seorang pria yang mengenakan baju hitam kemudian membuang rokok yang menyala ke dalam kandang yang langsung dipungut dan diisap oleh orang utan tersebut.

    Menurut Marison, video itu diambil pada Minggu (4/3/2018) oleh salah satu relawannya saat tengah berkunjung ke Kebun Binatang Bandung. Dan dia mengaku prihatin atas kejadian tersebut.

    Ia lantas meminta pihak pengelola kebun binatang lebih serius dalam memperhatikan satwa-satwanya. Namun yang paling penting baginya, para pengunjung diberikan edukasi secara masif bukan hanya sebatas memberikan arahan melalui papan informasi.

    "Hal yang juga penting adalah masalah edukasi kepada pengunjung dan pengawasan. Karena tidak semua pengunjung cerdas, ada juga yang bodoh seperti kasus lempar rokok ke kandang orang utan ini," tandasnya.

    Kejadian Ini merupakan yang kedua dalam empat bulan setelah sebelumnya heboh video kasus pemberian minuman keras kepada satwa di Taman Safari.

    Tag: viral anak nonton porno

    Bagikan :