Rapimnas Demokrat Bahas Poros Ketiga?

Tim Editor

Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron (Bagaskara/era.id)

Jakarta, era.id - Pemilu 2019 belum mulai, namun sudah banyak partai yang mengusulkan calonnya untuk bertarung. Untuk saat ini, baru ada dua calon yang paling menonjol, mereka adalah Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Inisiatif memunculkan poros ketiga dalam Pemilu 2019 terus bergulir. Kemarin, tiga partai menggelar pertemuan membahas kemungkinan membentuk poros ketiga. Tiga partai itu PAN, PKB dan Demokrat.

Hasil pertemuan ini pun akan dibawa ke dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Bogor, Jawa Barat, 10-11 Maret 2018. 

Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron bilang Rapimnas itu bakal membahas pertemuan Demokrat dengan sejumlah partai, termasuk PKB dan PAN tadi.

"Ya tentu komunikasi politik tidak putus gitu ya. Meskipun ending-nya nanti seperti apa ya itu kan sekali lagi mengulang-ngulang, yaitu tergantung bagaimana dinamika politik yang terjadi," ucap Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Kendati demikian, menurut Herman, Demokrat tak masalah bila poros ini tidak terbentuk. Yang penting, bagi Demokrat, Pemilu 2019 tidak memunculkan calon tunggal.

"Saya kira tetap konsepsi Demokrat adalah mendorong demokrasi yang terbuka," tutur Herman.

Seperti diketahui Partai Demokrat hingga saat ini belum menentukan arah politiknya untuk Pemilihan Presiden tahun depan. Nama putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhono terus disebut-sebut akan ikut meramaikan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.


(Infografis/era.id)

Tag: partai demokrat capres

Bagikan: