Viral: Tumblr Diblokir hingga Kritik untuk Bali
Viral: Tumblr Diblokir hingga Kritik untuk Bali

Viral: Tumblr Diblokir hingga Kritik untuk Bali

By Wahyu Lilik | 11 Mar 2018 12:00

Jakarta, era.id - Dalam Viral Minggu Ini, era.id membahas 5 berita yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat. Ini dia beritanya untuk minggu ini!

1. Tumblr diblokir

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali memblokir platform blogging Tumblr, setelah pada Februari 2016 lalu pemerintah telah menutup akses menuju situs ini. Kali ini alasannya adalah laporan 360 konten asusila yang melanggar undang-undang. Ini meresahkan masyarakat, karena banyak menggunakan Tumblr sebagai wadah berekspresi. Jika Tumblr bisa bebas dari konten pornografi, pemerintah tak menutup kemungkinan untuk kembali membuka akses situs tersebut.

2. Larangan Penggunaan GPS

Setelah sempat dihebohkan dengan larangan mendengarkan musik dan merokok sambil berkendara, terdengar larangan menggunakan Global Positioning System (GPS) atau penunjuk arah di ponsel. Akhirnya pihak Polri memberikan klarifikasi bahwa tidak pernah mengeluarkan larangan tersebut, khususnya bagi ojek daring. Namun yang dilarang adalah membuka GPS sambil mengemudi motor hanya dengan satu tangan.

3. Laut Bali Kotor

Sudah nonton video viral seorang wisatawan asing yang sedang berenang di daerah Nusa Penida, Bali? Video yang diunggah di media sosial Facebook oleh Unilad Adventure ini menunjukkan laut yang penuh sampah. Padahal tempat ini adalah obyek wisata terkenal, yaitu Manta Point Nusa Penida, di mana wisatawan dapat menyelam sambil melihat kehidupan ikan pari. Ternyata wisatawan tersebut tidak hanya menyelam bersama ikan pari, tapi tumpukan sampah plastik juga ikut menemani. Sungguh sedih dan memalukan, mengingat bukan pertama kalinya nama Indonesia tercoreng di muka dunia karena tidak dapat menjaga kebersihan tempat wisata.

4. International Women’s Day

Tanggal 8 Maret merupakan International Women’s Day, hari di mana perempuan di seluruh dunia memperjuangkan hak-hak mereka sebagai perempuan dalam berbagai area kehidupan. Di Indonesia sendiri, hari ini dirayakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah Women’s March yang diikuti sekitar 1500 orang. Selain itu ada juga demo buruh yang menuntut hak mereka seperti cuti haid yang masih sering dipersulit serta meminta cuti melahirkan selama 6 bulan.

5. Hari Musik Nasional

Kalian tahu enggak kalau 9 Maret itu adalah Hari Musik Nasional? Tanggal ini dipilih karena ini adalah hari lahir dari pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya, W.R. Soepratman. Hari Musik Nasional dirayakan sejak tahun 2013 di mana masyarakat diingatkan untuk terus mendukung dan menghargai karya musik dalam negeri. Bahkan di hari ini Presiden Joko Widodo menyampaikan salam melalui video keren yang diunggah dalam media sosial Instagramnya.

Rekomendasi
Tutup