Air Pasang Banjiri Ratusan Rumah di Bangka Belitung
Air Pasang Banjiri Ratusan Rumah di Bangka Belitung

Air Pasang Banjiri Ratusan Rumah di Bangka Belitung

By Aditya Fajar | 11 Mar 2018 20:52
Bangka Belitung, era.id - Hujan deras disertai naiknya air laut membuat sejumlah pemukiman di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Tengah terendam banjir. Banjir ini memutus satu jembatan penghubung desa dan merusak sejumlah jalan.

"Akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai air laut sedang pasang. Banjir merendam pemukiman warga di Kabupaten Bangka Barat dan Tengah," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis yang diterima era.id, Minggu (11/3/2018).

Sutopo menjelaskan, banjir merendam ratusan rumah dan juga menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak. Banjir dengan ketinggian 1 sampai 2 meter itu merendam empat kelurahan dan membuat sejumlah warga harus mengungsi.

"Kelurahan Sunagai Daeng sebanyak 104 orang terdampak, Kelurahan Tanjung sebanyak 2.044 jiwa terdampak, Kelurahan Sungai Baru 7 KK atau 9 orang terdampak dan Kelurahan Belo Laut sebanyak 350 KK atau 937 Jiwa harus diungsikan," kata Sutopo.

(Foto: Istimewa) 

Ditambahkan Sutopo, sejumlah infrastruktur di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Tengah juga terpantau rusak.

"Dua unit jembatan rusak dan satu unit jembatan terputus. Serta empat titik jalan umum mengalami kerusakan," tambah Sutopo.

Atas hal ini, BPBD Kabupaten Bangka Barat telah melakukan pendataan terhadap semua korban yang diungsikan. Tak hanya itu tim BPBD juga sudah membuat jembatan darurat untuk mengatasi jalur yang terputus.

Tags : banjir
Rekomendasi
Tutup