Kapolri: Hindari Tilang Selama Sosialisasi Ganjil Genap
Kapolri: Hindari Tilang Selama Sosialisasi Ganjil Genap

Kapolri: Hindari Tilang Selama Sosialisasi Ganjil Genap

By Ahmad Sahroji | 12 Mar 2018 12:02
Jakarta, era.id - Guna mengurai kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, pemerintah menerapkan tiga kebijakan, yakni pemberlakuan ganjil genap; pengaturan angkutan barang golongan III, IV dan V; serta prioritas lajur khusus angkutan umum untuk bus sedang dan besar.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta sosialisasi tiga kebijakan itu dilakukan tidak hanya dengan cara-cara konvensional. Melain juga melalui penyuluhan secara langsung.

"Sosialisasi jangan hanya terbatas pada media sosial dan media massa saja, tetapi juga dorong pembentukan posko bersama lintas instansi terkait, untuk mengakomodasi masukan publik," kata Tito saat konferensi pers di Mall Mega Bekasi, Jawa Barat, Senin (12/3/2018).

Tiga kebijakan tersebut mulai diuji coba pada hari ini mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Karena itu, Tito juga meminta kepada jajarannya untuk meminimalisasi penilangan selama proses uji coba berlangsung.

"Hindari sanksi tilang kepada pengendara selama sosialisasi uji coba ini belum bersifat masif," kata Tito.

(Suriaman/era.id)

Tito menambahkan, kesadaran pengendara secara umum terhadap solusi pengentasan kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek ini mulai nampak, sebab uji coba ganjil-genap ini justru memicu pergerakan kendaraan yang lebih pagi ke arah tol sebelum pemberlakuan diterapkan.

"Bagi pengendara yang tidak tahu dengan aturan ini diminta putar balik saja sambil diberikan pengarahan perihal aturan tersebut," imbuhnya.

Rekomendasi
Tutup