Dua Nama Favorit Jadi Pimpinan DPR dari PDIP

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Fraksi PDIP sudah menerima surat pelantikan penambahan wakil ketua DPR yang rencananya digelar pekan depan.  Surat ini berisi permintaan nama yang akan diberikan PDIP untuk mengisi jabatan tersebut sesuai dengan revisi UU MD3.

Surat tersebut sudah dibawa ke DPP PDIP dan diserahkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Nanti, Megawati akan menentukan figur yang cocok untuk mengisi kursi tersebut.

"Surat tersebut juga sudah kita teruskan ke DPP partai," ucap Alex di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Dia mengaku belum tahu siapa yang akan ditunjuk oleh Megawati. Namun, dia meyakini, Megawati sudah memiliki pilihan dari 109 anggota DPR fraksi PDIP yang ada.

"Ibu telah menunjuk Pak Utut Adianto dan Pak Bambang Wuryanto sebagai ketua dan sekretaris fraksi yang merupakan bagian daripada lembaga DPR ini," terangnya.

"Jadi dua nama itu pucuk pimpinan fraksi sebagai bagian dari lembaga DPR ini, saya rasa juga dua nama itu tentu saja punya kapasitas dan kapabilitas untuk menduduki pimpinan DPR," lanjut Alex.

Dia menambahkan, siapapun yang diputuskan oleh Megawati nanti, itu adalah keputusan yang sangat baik, bijaksana, dan paling pas menduduki pimpinan DPR. 

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan, pimpinan DPR sudah mengirimkan surat ke Fraksi PDIP untuk menentukan pengisi jabatan wakil ketua DPR. 

Penambahan kursi pimpinan ini sesuai dengan revisi UU MD3 yang mengamanatkan penambahan satu pimpinan DPR untuk partai pemenang Pemilu 2014.

"Baru pagi ini mengirim surat ke PDIP meminta nama yang bakal dikirim untuk mengisi wakil ketua DPR RI," ujar Bamsoet. 

Rencananya, pelantikan wakil ketua DPR dari PDIP, akan digelar Selasa (20/3/2018) pekan depan. Dia pun menunggu surat balasan dari PDIP terkait nama yang bakal mengisi kursi baru di pimpinan DPR RI itu.

Tag: md3 sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto

Bagikan: