Ragam Berita di Maret Pekan Ketiga
Ragam Berita di Maret Pekan Ketiga

Ragam Berita di Maret Pekan Ketiga

By ahmad syarif | 18 Mar 2018 07:57
Jakarta, era.id - Dalam Viral Minggu Ini era.id membahas 5 berita viral yang terjadi dalam satu minggu. Pada minggu ketiga bulan Maret ini, nasib UU MD3 hingga larangan powerbank yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan akan kita bahas.

1. Nasib UU MD3

Sejak Kamis (15/3/2018) Undang-undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) resmi berlaku meski Presiden Joko Widodo hingga saat ini belum menandatangani aturan tersebut. Undang-undang (UU) yang memicu kontroversi ini, memang masih mendapat penolakan dari beberapa koalisi masyarakat sipil. Pada Jumat (23/2/2018) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah mengajukan UU MD3 ke Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga harapan untuk menggugurkan pasal-pasal kontroversial di dalamnya berada di tangan MK.

2. Stephen Hawking meninggal

Rabu (14/3) fisikawan asal Inggris, Stephen Hawking mengakhiri perjalanan hidupnya dalam usia 76 tahun. Pada usia 21 tahun, Stephen mengalami kelumpuhan total akibat penyakit Amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Dokter mengatakan bahwa ia hanya dapat bertahan hidup selama 2 tahun. Tapi nyatanya profesor yang satu ini berhasil mendapatkan 13 gelar kehormatan dan menulis 12 buku. Stephen Hawking adalah bukti nyata akan keterbatasan yang tidak seharusnya membatasi kita.

3. Larangan bawa terbang powerbank

Sudah tahu peraturan baru yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan terkait penggunaan powerbank? Bukannya dilarang membawa, tetapi daya powerbank yang tidak boleh lebih dari 100Wh. Powerbank juga tidak diperbolehkan masuk ke dalam bagasi, hanya ke dalam pesawat, tetapi tidak boleh digunakan saat penerbangan. Alasannya untuk keselamatan penupang, karena sudah ada beberapa kejadian powerbank meledak di dalam pesawat.

4. Hari Raya Nyepi Internet di Bali

Untuk pertama kalinya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemadaman layanan internet pada Hari Raya Nyepi di Bali. Kemenkominfo mengimbau operator telekomunikasi menghentikan sementara layanan internet dari hari Sabtu, 17 Maret pukul 6 pagi WITA sampai 18 Maret pukul 6 pagi WITA esok harinya. Salutnya hal ini adalah usulan dari Majelis-majelis keagamaan Provinsi Bali

5. Geliat startup

Sebagian besar anak muda jaman sekarang lebih tertarik untuk bekerja di startup dibandingkan dengan perusahaan koorporate. Kita memang tidak bisa main-main dengan kekuatan dunia digital dan teknologi saat ini yang jelas telah mengubah cara dunia bekerja. Lebih mengagumkannya lagi, sosok dibalik startup dan Unicorn ini masih muda-muda, lho.

Rekomendasi
Tutup