Bamsoet: Petugas Damkar Buat Sedot Asap
Bamsoet: Petugas Damkar Buat Sedot Asap

Bamsoet: Petugas Damkar Buat Sedot Asap

By Aditya Fajar | 19 Mar 2018 20:47
Jakarta, era.id - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan tidak ada kebakaran yang terjadi di Gedung Nusantara III. Kedatangan tim pemadam kebakaran untuk menyedot asap yang dihasilkan alat Aerosol Fireproof.

"Pemadam kebakaran dipanggil agar bisa menyedot asap dan bukan untuk memadamkan api," kata Bamsoet kepada wartawan, Senin (19/3/2018).

Bamsoet menjelaskan, kepulan asap putih yang memenuhi lantai 4 Gedung Nusantara III berasal dari tabung aerosol yang pecah. 

"Itu asap dari detektor api atau tabung aerosol yang pecah. Jadi kalau detektor mendeteksi adanya asap dari bawah, otomatis detektor asap akan ikut mengeluarkan asap guna mempermudah tim pemadam kebakaran segera menemukan titik asal asap yang dideteksi detektor," jelas Bamsoet.

Sebelumnya, Deputi Administrasi DPR Mardian menjelaskan kepanikan dan kepulan asap putih terjadi karena malfungsi alat pemadam aerosol yang sangat peka. Alat pemadam ini baru dipasang tiga bulan yang lalu.

"Tidak terjadi kebakaran, tapi kejadian ini akibat dari sistem kebakaran yang baru dipasang dan memang sangat peka. Letupan sedikit saja alatnya sudah meletus, alat ini juga yang mengeluarkan asap di lantai 4 ruang kerja Fahri Hamzah," jelas Mardian.

Lima unit mobil Damkar dari Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat dikerahkan ke lokasi. Petugas damkar dan petugas keamanan dalam (Pamdal) DPR terlihat mengevakuasi karyawan yang masih ada di dalam.

Supaya tidak bingung, biar kami akan jelaskan apa itu pemadam aerosol. Pemadam kebakaran dalam bentuk aerosol adalah pemadam kebakaran berbentuk partikel yang mirip dengan pemadam kebakaran gas atau pemadam kebakaran dry chemical. Aerosol ini menggunakan agen pemadam kebakaran yang terdiri dari partikel padat yang sangat halus dan materi gas untuk memadamkan kebakaran. Alat ini biasa memproteksi ruangan-ruangan seperti ruang data center, ruang arsip, ruang panel listrik, box panel listrik dan ruangan kritikal lainnya.

Rekomendasi
Tutup