Deretan Artis yang Umrah Gratis First Travel
Deretan Artis yang Umrah Gratis First Travel

Deretan Artis yang Umrah Gratis First Travel

By Ahmad Sahroji | 21 Mar 2018 15:17
Depok, era.id - Pengadilan Negeri Depok kembali menggelar sidang lanjutan kasus penipuan berkedok travel haji-umrah yang dilakukan tiga bos First Travel yakni Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Siti Nuraidah Hasibuan. 

Pada sidang kali ini, jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan lima saksi yakni Rahmana samsul ikbal, Andrian darmaji, Slamet santoso, dan dua mantan pegawai First Travel, Febrian Pratama serta Regiana Azachira.

Dalam kesaksiannya, Regiana yang merupakan Corporate Secretary First Travel mengungkap sejumlah fakta. Salah satunya mengenai deretan artis yang dibiayai First Travel, di antaranya Julia Perez dan Ira Irawan. Julia Perez membawa serta orang tua dan manajernya, sedangkan Ira Irawan bersama suaminya.

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) Regiana disebutkan, keduanya mendapatkan fasilitas secara cuma-cuma, bahkan sampai berwisata ke Mesir. 

"Rombongan Julia Perez mendapatkan enam paket VIP plus Mesir senilai Rp400 juta," ujar JPU Herry Jerman berdasarkan BAP Regiana, di Pengadilan Negeri Depok, Cilodong, Jawa Barat, Rabu (21/3/2018).

Selanjutnya pada bulan Februari 2017 First Travel memberangkatkan Vicky Shu dan Mery Putrian. Semua fasilitas diberikan secara gratis. Keduanya mendapatkan paket VIP senilai Rp108 juta.

Baca Juga : Segudang Masalah First Travel hingga Pailit

Selain itu, Regiana juga menyebut Syahrini dan lima kerabatnya mendapatkan fasilitas gratis perjalanan umrah. Jaksa menyebut bos First Travel meng-endorse Syahrini untuk mempromosikan paket perjalanan umrah dengan fasilitas VIP plus.

Totalnya ada 12 orang rombongan termasuk Syahrini yang berangkat umrah dengan biro perjalanan First Travel. Enam orang membayar biaya perjalanannya, sedangkan enam orang lainnya ditanggung First Travel.

Baca Juga: Bongkar Utang First Travel

“Maret 2017 sampai 6 April telah diberangkatkan artis Syahrini membawa serta 11 keluarganya. Fasilitas gratis, 6 tiket, 2 bisnis, dan 4 ekonomi. Serta 12 paket plus umroh senilai Rp1 miliar,” terang JPU. 

Dalam surat dakwaan disebutkan bos First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan menawarkan sejumlah paket umrah. Setidaknya ada 63.310 calon jemaah umrah jadi korban. Mereka sudah membayar tapi tidak diberangkatkan First Travel. Adapun total uang yang telah dikumpulkan First Travel sekitar Rp905,3 miliar. 

Rekomendasi
Tutup