Beredar Isu Ruang Kerja Gubernur Anies Baswedan Digeledah KPK, Fakta atau Hoaks?

| 15 Mar 2021 12:30
Beredar Isu Ruang Kerja Gubernur Anies Baswedan Digeledah KPK, Fakta atau Hoaks?
Ilustrasi ruang kerja Gubernur DKI Jakarta (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Reza Santoso mengunggah gambar disertai narasi yang menyebut, "Ruang Kerja Anies Baswedan di Geledah KPK, Mengejutkan 'Bukti Baru Terungkap' Sepandai Pandai Tupai Melompat,Akhirnya Akan Jatuh Juga, Duh Sakitnya".

Selain itu, terdapat foto petugas yang membawa keluar koper dari sebuah gedung dan foto lainnya yang memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memegang sesuatu, Jumat (12/3/2021).

Namun, benarkah informasi tersebut?

Dilansir laman turnbackhoax.id, klaim adanya gambar dengan narasi bahwa ruang kerja Anies Baswedan digeledah KPK adalah klaim yang keliru.

Faktanya, gambar itu merupakan gambar editan yang menggabungkan dua foto yang tidak terkait sama sekali. Foto penyidik KPK yang membawa beberapa koper itu merupakan kejadian seusai penyidik KPK menggeledah Kantor KPU, di Jakarta pada Januari 2020.

Sementara itu, foto Anies Baswedan adalah foto pada saat penyerahan simbolis atas beberapa program dan kegiatan Hari Jadi Kepulauan Seribu yang ke-16 pada November 2017.

Foto penyidik KPK itu salah satunya dimuat di artikel berjudul "KPK Geledah Kantor KPU Selama 8,5 Jam, Penyidik Bawa 3 Koper" yang tayang di situs tribunnews.com pada 14 Januari 2020.

"Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa sejumlah barang bukti seusai menggeledah Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Senin (13/1/2020). Penggeledahaan tersebut untuk mencari barang bukti terkait kasus suap pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR yang menjerat mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN" dikutip dari narasi foto tersebut.

Sementara itu, foto Anies Baswedan dimuat di artikel berjudul "BNI Turut Meriahkan Hari Jadi Kepulauan Seribu yang ke-16" yang tayang di situs wartaekonomi.co.id pada 13 November 2017.

Rekomendasi