Tips Aman Bermain Facebook

Tim Editor

Ilustrasi Facebook (Pixabay)

Jakarta, era.id - Kejadian bocornya 50 juta data pengguna Facebook menjadi pembelajaran bagi seseorang untuk mulai menjaga privasinya. Terlebih lagi, banyak pengguna Facebook yang begitu mudahnya ikut-ikutan kuis yang sifatnya menebak kepribadian seseorang, tanpa terlebih dulu membaca syarat dan kebutuhan yang berlaku.

Salah-salah nanti data kita digunakan untuk kampanye loh, seperti kejadian yang terjadi pada Facebook. Di mana Cambridge Analytica yang merupakan perusahaan pihak ketiga yang kerap membuat berbagai kuis di Facebook, ternyata bertugas untuk memetakan suara dukungan kepada salah satu calon pemenang Presiden Amerika Serikat.

Nah, era.id mau berbagi tips dan cara agar kita bisa lebih berhati-hati dalam menjaga data pribadi kita di jejaring media sosial. Berikut tips-tips yang dikutip era.id dari berbagai sumber.

1. Jangan Asal akses link tautan dari luar Facebook

Setiap kali kita membuka aplikasi di Facebook, akan ada akses perizinan untuk masuk kedalam. Kadang-kadang banyak dari pengguna Facebook yang tidak membaca syarat ketentuan aplikasi dan langsung mengizinkan begitu saja. Padahal, disanalah kelicikan developer aplikasi untuk mengambil data. 

Baca Juga : Mark Zuckerberg, Facebook dan Peradaban Baru

2. Hidupkan Pengaturan Privasi

Simpanlah data anda sebaik-baiknya. Facebook memiliki fitur privasi yang cukup baik. Fitur tersebut membuat data anda mampu dijaga dengan baik. 

Akses Privasi dapat dilihat di halaman beranda. Pada ikon tanda tanya, ada opsi pemeriksaan privasi dan siapkan semua data untuk kebutuhan verifikasi privasi.

3. Atur "Lihat Sebagai" Pada Profil Pribadi

Anda bisa mengatur bagaimana orang asing melihat profil anda. Dengan fitur "Lihat Sebagai" yang terletak pada titik tiga samping kanan profil, anda bisa merasakan posisi orang asing saat melihat profil anda. Apabila terlihat kurang privat, atur kembali profil anda.

4. Hapus Akun

Kemungkinan kebocoran data akan selalu ada, entah dari pihak internal maupun eksternal Facebook. Tidak ada satupun pihak yang menjamin keamanan data kita. Untuk itu, menghapus akun Facebook adalah pilihan terbaik dan efektif.


Infografis (era.id)

Tag: facebook

Bagikan: