Novel Sudah Bisa Melihat
Novel Sudah Bisa Melihat

Novel Sudah Bisa Melihat

By Ahmad Sahroji | 24 Mar 2018 15:47
Jakarta, era.id - Usai menjalani operasi tahap keduanya di Singapura, Jumat (23/3) kondisi mata kiri penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, berangsur membaik.  Hal itu dikatakan Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

"Pada pukul 08.00 waktu Singapura dokter berkunjung ke rumah sakit, intinya menyampaikan hasil operasi baik. Mata kiri Novel sudah dapat melihat bayangan jari digerakkan dan bayangan tubuh. Proses perbaikan penglihatan mata kiri ini butuh waktu karena baru kemarin operasi dilaksanakan," kata Febri di Jakarta, seperti dikutip Antara, Sabtu (24/3/2018).

Febri menambahkan, terkait dengan pendarahan di dalam mata yang ditemukan pada operasi kemarin, dokter meminta Novel ke klinik untuk dilakukan ultrasonografi (USG) dan berkonsultasi dengan dokter ahli retina.

Kemudian pada pukul 09.00 waktu Singapura, Novel menuju ke klinik untuk dilakukan USG oleh dua dokter ahli. Hasilnya, terlihat ada bekuan darah yang posisinya bukan di retina. Artinya, kondisi retina aman. Kondisi ini akan dipastikan kembali pada pemeriksaan selanjutnya.

Infografis (era.id)

Baca Juga : Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Kasus Novel

Baca Juga : Negara Masih Berutang pada Novel Baswedan

"Namun, dokter tidak berharap itu terjadi dikarenakan baru selesai operasi kemarin. Maka, masih terdapat pembengkakan pada lapisan gusi pada mata kiri tersebut, yang akan membaik atau mengempis dalam beberapa hari ke depan. Lensa dan gusi akan tumbuh rata, kondisi sekarang lensa berada agak di dalam lapisan gusi," tuturnya.

Lebih lanjut, Febri menyatakan pada hari Minggu (25/3) pagi, dokter akan melakukan pemeriksaan kembali dan diharapkan Novel sudah diperbolahkan keluar rumah sakit untuk melakukan rawat jalan. Namun, Novel harus tetap tinggal di Singapura sekitar 3 sampai 4 minggu ke depan guna kontrol rutin.

(Infografis/era.id)

Rekomendasi
Tutup