Ayo Bangkitkan Permainan Tradisional!
Ayo Bangkitkan Permainan Tradisional!

Ayo Bangkitkan Permainan Tradisional!

By Aditya Fajar | 25 Mar 2018 13:02
Jakarta, era.id - Jauh sebelum adanya gadget dan gim konsol, anak-anak bermain dengan cerianya di luar rumah. Berbagai permainan masa kecil seperti gobak sodor, benteng, lompat tali dan gundu meramaikan masa kecil anak-anak.

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) bersama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat menyelenggarakan 'Jam Main Kita' di Silang Timur Monas, Jakarta. Tujuan acara ini untuk mengajak anak-anak bermain di luar rumah dan berkumpul dengan anak seusianya.

"Membuat NKRI lebih kokoh karena dari kecil sudah biasa bermain bersama sehingga bisa menerima perbedaan. Ini bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan dan memopulerkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda kita," ujar Ketua Umum LPAI, Seto Mulyadi dalam sambutannya.

Menteri Sosial Idrus Marham, yang ikut dalam gerakan kampanye 'Jam Main Kita' mengatakan, bahwa permainan tradisional mulai sedikit dilupakan oleh anak-anak saat ini. 

"LPAI dan Kemensos akan keliling indonesia untuk menghidupkan kembali ribuan permainan tradisional," ucap Idrus.

Idrus menjelaskan, Kemensos dan LPAI akan bekerja sama untuk kembali menginventarisir permainan-permainan tradisional. Termasuk mengajak para budayawan untuk mengkaji permainan daerah.

"Nanti kita coba untuk menginventarisir permainan-permainan tradisional. Tujuannya agar bisa dihidupkan kembali anak-anak bangsa ini bahwa ada permainan daerah," tambah Idrus.

Dalam kegiatan 'Jam Main Kita' berbagai permainan tradisional kembali dimainkan. Anak-anak bermain gobak sodor, lompat tali dan bentengan, Idrus dan Kak Seto juga ikut terlibat dalam permainan anak itu.

Tags :
Rekomendasi
Tutup