Belasungkawa Para Tokoh untuk Probosutedjo
Belasungkawa Para Tokoh untuk Probosutedjo

Belasungkawa Para Tokoh untuk Probosutedjo

By Aditya Fajar | 26 Mar 2018 15:33
Jakarta, era.id - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno datang melayat ke rumah duka Probosutedjo. Keduanya menyampaikan belasungkawa dan dukacita kepada adik kedua Presiden Soeharto itu.

"Kami menyampaikan bela sungkawa atas kepergian Bapak Probosutedjo dan Insya Allah kita mendoakan agar beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah, dan keluarga diberi kelapangan," kata Anies usai melayat ke rumah duka di Jalan Diponegoro No 20, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018).

Di mata Anies, semasa hidupnya Probosutedjo banyak berkontribusi di dunia pendidikan, lantaran mendirikan Universitas Mercubuana. Anies mengatakan, dharma bakti Probosutedjo bagi kemajuan bangsa tercermin dari sana. 

"Di sana ribuan anak-anak dididik, ini Insya Allah akan dicatat sebagai amal jariyah bagi Pak Probosutedjo. Kita semua kehilangan dan Insya Allah doa anak-anaknya yang soleh akan terus mendoakan, amal jariyah akan menjadi pengalir pahala tanpa henti," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sementara itu, bagi Wagub Sandi, Probosutedjo merupakan sosok pengusaha yang berkomitmen tinggi terhadap kemandirian. Hal ini dibuktikan saat Probo menjadi salah satu pendiri Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) .

"Beliau salah satu Ketua Umum perhimpunan pengusaha pribumi yang paling berpengaruh dan menanamkan bagaimana pengusaha harus berjiwa nasionalis dan berdiri tegak sendiri, mandiri," kesan Sandi. 

Ditambahkan Sandi, Probosutedjo merupakan sosok yang banyak mengembangkan usaha di bidang agrikultur dan ketahanan pangan.

"Kami merasakan banyak pengusaha di Indonesia banyak yang belum fokus di pertanian, beliau (Probo) fokus di industri pertanian, dan sampai sekarang terlihat jelas hasil karya beliau dalam menyokong ketahanan pangan," imbuhnya.

(Mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno)

Tak hanya Anies-Sandi, Wakil Presiden RI ke-6 Tri Sutrisno datang melayat ke rumah duka Probosutedjo. Masih hangat dalam ingatannya pertemuan terakhir kali Tri Sutrisno dengan Probosutedjo.

"Semoga mendapatkan tempat yang sejuk di sisi-Nya, keluarga yang ditinggalkan dalam keadaan ikhlas, sabar, dalam keadaan sehat walafiat," ujar Try.

"Terakhir ketemu sebelum sakit. Setelah sakit saya enggak melihat, langsung meninggal ini. Saya lupa (kapan terakhir ngobrol)," tutup Try.

Probosutedjo meninggal dunia pagi ini di RS Cipto Mangunkusumo karena penyakit kanker tiroid. Jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Diponegoro, Jakarta dan dimakamkan di Yogyakarta.

Rekomendasi
Tutup