Kamu Yakin Sudah Berbudaya?
Kamu Yakin Sudah Berbudaya?

Kamu Yakin Sudah Berbudaya?

By Yudhistira Dwi Putra | 04 Apr 2018 19:21
Jakarta, era.id - Segala hal yang berkaitan dengan perilaku manusia dalam kehidupannya dikategorikan sebagai kebudayaan. Guru besar antropologi Universitas Indonesia (UI) mengatakan, Koentjaraningrat membagi wujud kebudayaan menjadi tiga, yakni wujud kebudayaan sebagai sistem ide, wujud kebudayaan sebagai sistem aktivitas, dan wujud kebudayaan sebagai sistem artefak.

Kebudayaan sebagai sistem ide adalah aturan atau norma sopan santun dalam bertutur kata kepada orang yang lebih tua atau aturan bertamu di rumah orang lain. Contoh konkretnya adalah undang-undang (UU) atau aturan tertulis. Selanjutnya, kebudayaan sebagai sistem aktivitas, yakni upacara perkawinan, proses pemilihan pemimpin, atau kampanye partai yang dikategorikan sebagai wujud kebudayaan yang berupa aktivitas individu. Yang terakhir, yakni wujud kebudayaan sebagai sistem artefak. Contohnya adalah wayang golek dari Jawa, kain ulos dari Batak, songket dari Padang.

Dalam konteks yang lebih dekat, budaya adalah bagaimana kita berperilaku sehari-hari. Mulai dari cara kita berbicara, cara kita makan, hingga cara kita berinteraksi dengan orang lain. Lalu, sudah berbudaya kah kita dalam interaksi sehari-hari kita dengan orang lain?

Kita cek videonya!

Rekomendasi
Tutup