137 Tahun Lalu Billy the Kid Ditangkap

| 09 Apr 2018 14:12
137 Tahun Lalu Billy the Kid Ditangkap
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id  - Setelah menjalani hukuman percobaan selama satu hari, Billy the Kid dinyatakan bersalah atas pembunuhan sheriff Lincoln County, New Mexico, dan dijatuhi hukuman gantung.

Tidak diragukan lagi, Billy the Kid memang menembak sheriff William Brady. Meskipun ia melakukannya dalam konteks Perang Lincoln County antara peternak dan pengusaha, dua kelompok kuat yang berjuang untuk menguasai kontrol ekonomi Lincoln County. 

Ketika bos dari Billy, peternak John Tunstall, dibunuh di depan matanya pada Februari 1878, Billy muda yang pemarah bersumpah membalas dendam. Sayangnya, pemimpin kelompok yang membunuh Tunstall adalah sheriff Brady. Beberapa bulan kemudian Billy dan rekan-rekannya membunuh sheriff korup itu dan kabur.

Setelah tiga tahun dalam pelarian  dan sejumlah pembunuhan lainnya, Pat Garrett akhirnya menangkap Billy di awal 1881. Garrett--pernah berteman dengan Billy--adalah sheriff baru Lincoln County. 

Pada hari ini di tahun 1881, pengadilan hanya membutuhkan satu hari untuk menghukum Billy atas pembunuhan sheriff Brady. Karena Garrett harus mengumpulkan informasi teknis dan persediaan yang diperlukan untuk membangun tiang gantungan lebih dulu, Billy menunngu dan ditahan di penjara Lincoln.

Pada 28 April, ketika Garrett berada di luar kota, Billy berhasil melarikan diri. Di saat salah satu dari dua sipir penjara mengawal sekelompok tahanan di seberang jalan untuk makan malam, Billy meminta penjaga yang tersisa untuk membawanya ke kamar kecil di luar penjara. Saat penjaga mengawalnya kembali ke selnya, Billy--entah bagaimana caranya--berhasil menyelipkan pergelangan tangan melalui borgolnya.

Dia memukul penjaga tersebut dan menembaknya dengan pistol yang lagi-lagi entah diambil dari penjaga itu atau disembunyikan di kakus oleh seorang temannya. Mendengar tembakan itu, penjaga kedua berlari kembali ke penjara, dan Billy membunuhnya dengan senapan yang ditemukannya di kantor Garrett. Kabarnya, Billy kemudian menghancurkan pistol itu dan melemparkannya ke penjaga yang mati, sambil berteriak, “Kamu tidak akan mengikuti saya lagi dengan pistol ini!”

Setelah membunuh para penjaga, Billy tidak terburu-buru melarikan diri. Dia mempersenjatai dirinya lebih dulu dengan dua pistol dan, menurut satu laporan, menari di balkon, tertawa dan berteriak seolah-olah tidak ada apa-apa. Masyarakat Lincoln sepertinya takut atau bahkan terlalu mengagumi penjahat muda itu sehingga Billy dengan leluasa melakukan yang diinginkannya dan baru pergi satu jam kemudian.

Namun Billy tidak bisa kabur terlalu jauh. Sekembalinya ke Lincoln, Garrett segera membentuk pagar betis dan pergi menangkap Billy. Pada 14 Juli 1881, tidak jauh dari Lincoln, Garrett mengejutkan Billy di sebuah ruangan gelap dan menembaknya hingga mati.
 
Rekomendasi