Demokrat Yakin Poros Ketiga Tak Bubar

Tim Editor

Ilustrasi Partai Demokrat saat Rapimnas Partai Demokrat. (Tasya/era.id)

Jakarta, era.id - Partai Demokrat masih berharap poros ketiga terbentuk. Harapan itu tetap dipupuk meski Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pemilu 2019.

"Harapan sih selalu ada yah kalau itu, di politik. Kan everything is possible kan jadi ada sih, kalau (harapan) itu sih ada yah,” tuturnya, saat dihubungi era.id, di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Poros ketiga ini terbentuk jika Partai Demokrat, PKB dan Partai Amanat Nasional melakukan kesepakatan.

Meski PKB menyatakan mendukung Jokowi-Muhaimin Iskandar untuk Pemilu 2019, jika tidak diakomodir, PKB berpeluang balik lagi ke poros ini.


(Infografis hitung-hitungan partai politik untuk ikut Pemilu 2019/era.id)

Apalagi, kata Jansen, jika dikaitkan dengan kajian politik kepentingan, bisa saja koalisi Jokowi ini hengkang satu per satu karena kepentingannya tidak diakomodir. Dengan tambahan PKB, Jokowi didukung oleh PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan PPP.

"Kalau kemudian kajiannya masuk ke dalam politik kepentingan misalnya, yah kalau misalnya PKB atau partai-partai lain yang mendukung pak Jokowi misalnya, kepentingannya tidak diakomodir Pak Jokowi misalnya, itu bisa saja kemudian yang sudah disana (bergabung) keluar lagi," ujarnya.

Baca Juga : Cak Imin Berjiwa PDIP

Keyakinan tentang poros ketiga ini tidak akan bubar, karena sampai saat ini belum ada calon yang mendaftarkan diri ke KPU. Sehingga, segala kemungkinan masih terbuka.

"Sampai saat ini belum ada dukuangan yang mengikat secara hukum. Karena kan di PKPU-nya itu kan kalau sudah mendaftarkan maka tidak boleh lagi mencabut. Dan, sampai sekarang semua dukungan itu masih dukungan publik saja. Artinya bisa saja berubah, politik itu dinamis," kata dia.

Tag: poros ketiga partai demokrat pkb flyover pancoran pemilu 2019

Bagikan: