KPU Anggap Tepat Gugatan Partai Idaman Ditolak

Tim Editor

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama (www.partaiidaman.org)

Jakarta, era.id - Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menyatakan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tepat memutuskan menolak seluruh gugatan Partai Idaman tentang keputusan partai peserta pemilu. Menurut Hasyim, pekerjaan KPU hingga menetapkan Partai Idaman tak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019 sudah sesuai mekanisme.

"Penggugat (Partai Idaman) tidak memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Pasal 173 ayat 2 dan 177 UU 7 Tahun 2017," sebut Hasyim, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Baca Juga : Bang Rhoma Menggugat ke PTUN

Dia menyampaikan, putusan PTUN tersebut sekaligus menguatkan hasil verifikasi KPU tentang Partai Idaman yang tidak memenuhi syarat menjadi peserta pemilu tahun depan. Hasyim menambahkan, jika pertimbangan hukum yang dijadikan landasan mengambil keputusan tersebut bersifat konsisten maka gugatan partai lain pun seharusnya ditolak. 

"Jika pertimbangan hukum tersebut konsisten, maka gugatan parpol lainnya harus ditolak," ungkap Hasyim.

Gugatan tersebut berawal saat Partai Idaman menilai KPU keliru karena tidak meloloskan sebagai partai peserta Pemilu 2019 lantaran tidak terpenuhinya syarat administrasi. Sebab berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Proses Pemilu, telah ditetapkan bahwa partai yang dapat diverifikasi adalah partai yang telah dan/atau yang diterima pendaftarannya.

Baca Juga : KPU Tolak Gugatan 4 Parpol

Kegagalan itu membuat Partai Idaman bahkan tak berkesempatan mengikuti proses verifikasi. Hal itulah yang jadi akar persoalan dan Partai Idaman menilai KPU telah mengabaikan hak konstitusi untuk mengikuti proses verifikasi.

Berbagai cara telah dilakukan Partai Idaman. Sebelum ke PTUN, mereka sempat membawa sengketa ini ke Bawaslu. Namun, Bawaslu pun memutuskan menolak gugatan Partai Idaman.

Putusan itu ditetapkan lewat sidang putusan ajudikasi sengketa penyelenggaraan Pemilu 2019. Saat itu Partai Idaman berdiri bersama dua partai lain --Partai Rakyat dan Parsindo-- yang juga dinyatakan gagal ikut Pemilu 2019 oleh KPU.


Infografis peserta Pemilu 2019 (Rahmad/era.id)

Tag: partai idaman rhoma irama pilpres 2019 pemilu 2019 kpu

Bagikan: