Bupati Bandung Barat Palak SKPD untuk Pencalonan Istrinya

Tim Editor

    Barang bukti OTT Bupati Bandung Barat, Abu Bakar. (Tasha/era.id)

    Jakarta, era.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyebut, tersangka Bupati Bandung Barat Abu Bakar meminta uang kepada sejumlah Kepala Dinas untuk kepentingan pencalonan istrinya, Elin Suharliah, sebagai Bupati Bandung Barat periode 2018-2023.

    "Diduga Bupati Bandung Barat meminta uang kepada sejumlah Kepala Dinas untuk kepentingan pencalonan istrinya," kata Saut dalam konfrensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, (11/4/2018).

    Dalam operasi tangkap tangan (OTT), kemarin, KPK mengamankan uang sebanyak Rp35 juta di Gedung B, Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat bersama staf Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Barat. Uang tersebut diduga terkait dengan kepentingan Bupati Bandung Barat, Abu Bakar.

    Saut menambahkan, permintaan uang tersebut terjadi dalam beberapa pertemuan antara Abu Bakar dengan Kepala SKPD yang dilakukan pada bulan Januari, Februari, dan Maret. Pada bulan April, Abu Bakar terus menagih permintaannya itu untuk melunasi pembayaran ke sebuah lembaga survei.


    Profil Bupati Bandung Barat, Abu Bakar. (Infografis: era.id)

    "Untuk mengumpulkan dana tersebut, ABB (Abu Bakar) meminta bantuan WLW (Weti Lembanawati) dan ADY (Adiyoto). Keduanya bertugas menagih ke SKPD sesuai janji yang telah disepakati," ungkap Saut.

    Dalam pengembangan operasi senyap ini, KPK juga telah mengumpulkan barang bukti uang dalam pecahan rupiah sebesar Rp435 juta dalam pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Tak hanya itu, KPK juga melakukan penyegelan di beberapa tempat.

    "Untuk kepentingan pemeriksaan, KPK menyegel beberapa tempat yaitu, brankas dan laci meja kerja milik salah satu staff Bappeda di Pemkab Bandung Barat dan ruang kerja Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan," jelas Saut.

    Sebagai informasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Bupati Bandung Barat, Abu Bakar sebagai tersangka dalam kasus suap. Penetapan dirinya sebagai tersangka merupakan pengembangan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh tim KPK di wilayah Bandung Barat.

    Tag: ott bupati bandung barat

    Bagikan :