Bawa Bekal Sendiri Banyak Untungnya

Tim Editor

Ilustrasi manfaat bekal (era.id)

Jakarta, era.id - Hari ini, Kamis (12/4), diperingati sebagai Hari Bekal Nasional yang dimulai sejak 2013 dan digagas Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Pendidikan Nasional, serta BPOM. Peringatan Hari Bekal Nasional menjadi penting lantaran kampanye membawa bekal sejak usia sekolah akan membawa banyak manfaat.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, juga mengajak masyarakat membiasakan membawa bekal yang sehat saat beraktivitas di luar rumah. Menurut dia, membawa bekal dapat menjamin makanan lebih bersih dan sehat karena proses pembuatannya dalam pengawasan dan selera sendiri.

"Hidup sehat itu dimulai dari kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dari rumah. Itu kenapa saya selalu ingatkan pentingnya membawa bekal sendiri," kata Puan, dalam pernyataan tertulis yang diterima era.id, Kamis pagi.

Puan menyampaikan, membawa bekal banyak manfaatnya karena bisa mengatur makanan bergizi sesuai selera. Kemudian, bisa melatih kreativitas dalam mengatur berbagai jenis makanan ke dalam bekal dan lebih mudah mengatur komposisi karbohidrat, protein, serta lemak.

Untuk anak-anak sekolah, membawa bekal bisa menghemat uang saku sekaligus bertanggungjawab menghabiskan bekal sehingga makanan tidak terbuang sia-sia.

"Demi kesehatan, bukan semata pelit lho. Untuk makanan gizi seimbang, maka wajib mengonsumsi karbohidrat, protein, sayuran, dan buah. Agar hidup sehat maka perlu dilengkapi dengan minum air putih yang cukup, berolahraga, cuci tangan sebelum makan, dan memantau berat badan," ujar Puan.


Infografis manfaat bawa bekal (Rahmad/era.id)

Menurut data BPOM 2006-2010, lebih dari 40 persen jajanan anak sekolah tidak memenuhi syarat keamanan pangan. Nah, dari sinilah, membawa bekal jadi alternatif paling ciamik untuk kesehatan.

Coba ingat-ingat, berapa kali kamu memesan makanan dan akhirnya merasa terlalu kenyang untuk menghabiskannya? Atau, kamu yang super risih dan menolak membawa pulang (bungkus) makanan tersebut? Dengan membawa bekal, kamu bisa memastikan porsi makan kamu, tidak terlalu banyak, tidak terlalu sedikit.
 
Jadi kurang apalagi? Bawa bekal itu, hemat, bersih dan menjamin kamu makan tepat waktu sesuai porsi.


Infografis Hari Bekal Nasional (era.id)
 

Tag: bekal ke sekolah puan maharani

Bagikan: